Jumat, 05 Oktober 2012
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Hakikat Motorik Halus
Pengertian Motorik Halus
Motorik halus merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan yang melibatkan koordinasi antara mata, tangan, lengan yang digunakan untuk aktivitas seni seperti menggunting, melukis, mewarnai (Gunarti, 2010: 2.17)
Gerakan / motorik halus atau fine motor skills adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tidak terlalu membutuhkan tenaga, akan tetapi membutuhkan koordinasi yang cermat serta ketelitian (Fridani, 2010: 2.35).
Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau
Hakikat mengambar
Pengertian menggambar
Menggambar adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara mencoret, menggores menorehkan benda tajam ke benda lain dan memberi warna, sehingga menimbulkan gambar. Kegiatan menggambar dapat dilakukan dengan kesadaran penuh berupa maksud dan tujuan tertentu maupun sekedar membuat gambar tanpa arti yang dimulai dari menggerakkan tangan untuk mewujudkan sesuatu bentuk gambar secara tidak sengaja sampai dengan menggambar untuk maksud tertentu.
Aktivitas menggambar merupakan salah satu aktivitas seni yang sangat menyenangkan bagi anak. Menurut teori kognitif anak menggambar berdasarkan apa yang mereka ketahui. Oleh karena itu perkembangan kognitif anak sangat mempengaruhi goresan mereka di atas kertas.
Menggambar adalah bagian dari kecerdasan visual spasial atau kecerdasan gambar atau kecerdasan pandang-ruang yang didefinisikan sebagai kemampuan mempersepsi dunia visual spasial secara akurat serta mentransformasikan persepsi visual spasial tersebut dalam berbagai bentuk (Amstrong, 2003 )
Menurut Frans Koppelaar ( 1993 ) menggambar adalah kegiatan-kegiatan membentuk imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.
Pelakunya populer dengan sebutan penggambar/ juru gambar yang merupakan salah satu bagian pekerjaan dari perupa.
Menurut Aubrey Beardsley ( 1892 ) menggambar sedikit dibedakan dengan kegiatan melukis. Melukis bisa disebut sebagai tahap penyelesaian sebuah gambar dengan pigmen yang diberi medium cair dan diaplikasi dengan kuas. Sementara menggambar lebih menitik beratkan penggunaan garis dan komposisi.
Dalam kegiatan menggambar peralatan yang digunakan adalah pensil, pensil warna, krayon, spidol, cat air, kuas, penyerut pensil, penghapus dan kertas sebagai media permukaan.
Kegiatan menggambar dapat menggunakan contoh gambar maupun pola gambar yang akan digambar.
Tahapan perkembangan menggambar anak
Mencoret (Scribble), meliputi : membuat coretan acak, mencoba memegang pensil dengan tangan kiri atau tangan kanan, menemukan dan menunjukkan objek-objek yang telah dikenalnya dalam coretan dengan memberi nama pada coretannya dan belajar mengatakan tentang tanda-tanda, warna dan sebagainya.
Tahap Pra- Skematik, meliputi : penggunaan warna yang tidak berdasarkan kenyataan tapi menggunakan warna kesukaan, menggambar orang seperti kecebong, kepala berukuran besar dengan badan yang kecil/ kurus dan tangan yang panjang objek mengambang dan menggambar dengan sinar-x
Tahap Skematik, meliputi : penggunaan warna yang realistik
Mempunyai skema, ketika menggambar orang ukuran tubuh dan kepala sudah mulai proposional dan lebih terperinci, mulai memahami hubungan antara gambar dan dunianya serta menciptakan cerita yang agak panjang dengan gambar tersebut.
Teknik menggambar bagi anak usia dini
Teknik kering
Teknik kering adalah teknik menggambar langsung di atas medium dengan menoreh ataupun menggores dengan pensil maupun pastel.
Teknik basah
Teknik basah adalah teknik menggambar dengan bahan cat air dan digunakan dengan cara mencairkan terlebih dahulu.
Hakikat Tanaman
Pengertian Tanaman
Tanaman merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri makhluk hidup yaitu : tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas, memerlukan makan dan melakukan berbagai aktivitas dalam mempertahankan hidupnya.
Bagian-bagian Tanaman
Akar
Akar merupakan bagian tanaman yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Bentuk akar pada umumnya runcing di bagian ujungnya untuk memudahkan akar menembus tanah.
Batang
Batang merupakan bagian tanaman yang arah tumbuhnya menuju sinar matahari dan tumbuh di atas tanah. Umumnya batang bercabang, tetapi pada tanaman tertentu batang tidak memiliki cabang seperti pada tanaman pisang, kelapa dan pepaya.
Daun
Daun merupakan bagian tanaman yang biasanya berbentuk tipis melebar dan bewarna hijau. Namun ada juga daun yang berwarna kuning, merah atau ungu. Dan daun tumbuh di batang.
Bunga
Bunga adalah bagian tanaman yang berwarna-warni. Selain berwarna-warni dan indah, bunga juga ada yang berbau harum.
Buah dan biji
Buah dan biji adalah bagian tanaman yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari bunga. Perubahanya terjadi pada saat proses perkembangbiakan atau pada saat tanaman memperbanyak diri.
Hakikat Inteligensi
Pengertian Inteligensi
Alfred Binet mengatakan bahwa kecerdasan adalah kemampuan yang terdiri dari tiga komponen, yakni, (1) kemampuan untuk mengarahkan pikiran atau tindakan, (2) kemampuan untuk mengubah arah pikiran atau tindakan, dan (3) kemampuan untuk mengkritisi pikiran dan tindakan diri sendiri atau autocritism. Menurutnya, inteligensi merupakan sesuatu yang fungsional sehingga tingkat perkembagan individu dapat diamati dan dinilai berdasarkan kriteria tertentu.
Edward Lee Thorndike, mengklasifikasikan inteligensi ke dalam tiga bentuk kemampuan, yakni :
Kemampuan abstraksi yakni kemampuan untuk “beraktivitas” dengan menggunakan gagasan dan simbol-simbol secara efektif.
Kemampuan mekanik, yakni kemampuan untuk “beraktivitas” dengan menggunakan alat-alat mekanis dan kemampuan untuk kegiatan yang memerlukan aktivitas indra-gerak.
Kemampuan sosial, yakni kemmapuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru dengan cara-cara yang cepat dan efektif.
Piaget mengemukakan bahwa inteligensi adalah dasar fungsi hidup yang
membantu organisme beradaptasi dengan lingkungannya dan suatu bentuk
keseimbangan yang menjadi kecenderungan secara stuktur kognitif.
Maksudnya adalah semua kegiatan intelektual dilakukan dengan satu tujuan
dalam pikiranya, yaitu menghasilkan keseimbangan atau keharmonisan
hubungan antara proses berpikir seseorang dengan lingkungannya ( usaha
membuat keseimbangan disebut keseimbangan kognitif, dan proses
pencapaianya dinamakan ekuilibrasi).
Vigotsky mengatakan bahwa bayi dilahirkan dengan sedikit fungsi mental
awal yaitu perhatian, sensasi, persepsi dan ingatan yang akhirnya diubah oleh
budaya ke dalam proses mental yang lebih baru dan rumit yang ia sebut fungsi
mental yang lebih tinggi.
Kesimpulannya bahwa kognisi manusia meskipun seseorang dalam isolasi,
sifatnya tetap sosiokultural karena dipengaruhi oleh kepercayaan, nilai-nilai, dan
perlengkapan adaptasi intelektual yang diberikan kepada individu oleh
budayanya.
Kecerdasan, menurut paradigma multiple intelligences (Gardner, 1993) dapat didefinisikan sebagai kemampuan yang mempunyai tiga komponen utama, yakni :
Kemampuan unutk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan nyata sehari-hari.
Kemampuan unutk menghasilkan persoalan-persoalan baru yang dihadapai untuk diselesaikan
Kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan jasa yang akan menimbulkan penghargaan dalam budaya seseorang.
Hakikat Metode pemberian tugas
Pengertian metode pemberian tugas
Metode pemberian tugas merupakan tugas atau pekerjaan yang sengaja diberikan kepada anak yang harus dilaksanakan dengan baik, dimana dalam menyelesaikan tugas ini didasarkan pada petunjuk langsung dari pendidik yang sudah dipersiapkan sehingga anak dapat menjalani secara nyata dan melaksanakan dari awal sampai tuntas.
Menurut Maria Montessori, anak yang masih berada dalam ruang lingkup anak usia dini sedang berada dalam masa peka yang membutuhkan adanya stimulasi yang dapat mengoptimalkan perkembangannya. Oleh karena itu, Montessori menekankan pentingnya peran pendidik dalam memberikan stimulasi berupa kesempatan dan bahan latihan agar dapat mengoptimalkan perkembangan pada masa peka tersebut. Dan bahan latihan yang diberikan kepada anak dapat diberikan dengan menggunakan metode pemberian tugas.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan tugas
Pemberian tugas adalah proses integral dalam kegiatan pengembangan maka tujuan tugas merupakan bagian penting sehingga tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Pemberian tugas tidak sekedar menyibukkan anak melainkan harus dapat memberikan sumbangan terhadap tujuan belajar yang diharapkan.
Pemberian tugas harus memberikan pengenalan kepada anak untuk bekerja dengan baik.
Pemberian tugas harus menantang pengembangan kreativitas.
Pemberian tugas harus menumbuhkan kesadaran diri sendiri, bukan untuk pendidik.
Kelebihan metode pemberian tugas
Memberi kesempatan kepada anak untuk belajar lebih banyak.
Memupuk rasa tanggung jawab.
Memperkuat motivasi belajar.
Membangun hubungan yang erat dengan orang tua.
Mengembangkan keberanian berinisiatif.
BAB III
PELAKSANAAN PERBAIKAN
Subjek Penelitian
Tempat penelitian : TK. Pertiwi I Ngabul Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara
Alamat Penelitian : Desa Ngabul Tahunan Jepara
Kelompok : A
Indikator Pengembangan : Menggambar bebas dengan berbagai media
Tema / Subtema : Tanaman / Bagian – Bagian Tanaman
Jumlah Anak Didik : 18 anak
Jadwal Perbaikan : Siklus I, 18 Oktober-22 Oktober 2011
Siklus II, 25 Oktober-29 Oktober 2011
Deskripsi Perbaikan Per Siklus
Untuk memudahkan dalam mengadakan penelitian tindakan kelas guna mengatasi permasalahan pengembangan motorik halus dalam indikator menggambar bebas dengan berbagai media. Penulis merencanakan perbaikan pembelajaran 2 siklus, pada masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahap dalam PTK, yaitu : merencanakan, melaksanakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi.
Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis adalah:
Melakukan refleksi, berdiskusi dengan teman sejawat, dan meminta saran/ bimbingan dari Supervisor untuk mengidentifikasi masalah.
Menyusun rencana perbaikan pembelajaran.
Melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran.
Menganalisis data yang diperoleh pada waktu melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran kemudian menarik kesimpulan untuk merencanakan siklus berikutnya.
Menggunakan alat penilaian observasi
Deskripsi Per Siklus
Pembelajaran awal dilaksanakan pada tanggal 17 oktober 2011. Setelah itu mengadakan refleksi dan merencanakan tindakan pembelajaran pada siklus I. Untuk pelaksanaan siklus I pada tanggal 18-22 oktober 2011. Setelah tindakan perbaikan pembelajaran siklus I dilanjutkan diskusi dengan teman sejawat. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan selama pembelalajaran penulis minta bantuan pada teman sejawat sebagai pengamat dengan mengisi lembar observasi yang berisi daftar pertanyaan tentang aspek yang diamati.
Adapun alat penilaian yang digunakan observasi dalam mengamati kegiatan pembelajaran yang dilakukan penulis disebut alat penilaian kemampuan guru PKPI
(APKG-PKPI) dan alat penilaian kemampuan guru PKP 2 (APKG-2)
Dekripsi siklus
Rencana Kegiatan Harian I (RKH I)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH I adalah
Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri
Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditanda tangani oleh kepala TK
Mengadakan diskusi dengan teman sejawat
Merencanakan perbaikan
Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan mewarnai bentuk-bentuk geometri.
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut :
Kegiatan Awal ± 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a.
Kegiatan fisik motorik kasar.
Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
Kegiatan Inti ± 60 menit
Guru menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan mewarnai bentuk-bentuk geometri.
Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut:
Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan.
Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang macam-macam warna.
Guru menjelaskan tentang cara mewarnai.
Anak menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru.
Guru memberi tugas pada anak.
Anak melaksanakan kegiatan.
Guru menghargai hasil karya anak.
Istirahat ± 30 menit
Anak mencuci tangan secara begiliran.
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan bekal.
Anak membereskan perlengkapan makan.
Anak bermain di luar kelas.
Kegiatan Akhir ± 30 menit
Menyanyi lagu “Bagian-Bagian Tanaman”.
Mengulas kegiatan sehari.
Kesan dan pesan.
Berdo’a, salam dan pulang.
Observasi
Dari hasil pengamatan pada kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri, anak-anak banyak yang belum mampu mengenal macam-macam warna, memegang pensil atau krayon dengan sempurna dan kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
Refleksi
Dan kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu:
Kelemahannya, anak belum mampu mengenal warna-warna dan tidak tertarik dengan bentuk gambar yang disediakan.
Kelebihannya, dengan mewarnai bentuk-bentuk geometri anak mampu meningkatkan kemampuan motorik halusnya dengan mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
Rencana Kegiatan Harian II (RKH II)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH II adalah
Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran.
Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditanda tangani oleh kepala TK.
Mengadakan diskusi dengan teman sejawat.
Merencanakan perbaikan.
Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menggambar bunga dari bentuk lingkaran.
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut :
Kegiatan Awal ± 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a.
Kegiatan fisik motorik kasar.
Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
Kegiatan Inti ± 60 menit
Guru menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan menggambar bunga dari bentuk lingkaran.
Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut:
Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan.
Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang bentuk geometri.
Guru menjelaskan tentang cara menggambar.
Guru memberi tugas pada anak.
Anak melaksanakan kegiatan.
Guru menghargai hasil karya anak.
Istirahat ± 30 menit
Anak mencuci tangan secara begiliran.
Anak berdo’a sebalum dan sesudah makan bekal.
Anak membereskan perlengkapan makan.
Anak bermain di luar kelas.
Kegiatan Akhir ± 30 menit
Menyanyi lagu “Macam-Macam Bunga”.
Mengulas kegiatan sehari.
Kesan dan pesan.
Berdo’a, salam dan pulang.
Observasi
Dari hasil pengamatan pada kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran, anak-anak banyak yang belum mampu membuat lingkaran dan kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
Refleksi
Dari kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu:
Kelemahannya, anak belum mampu membuat lingkaran, memegang pensil atau krayon dengan sempurna dan kurang memperhatikan penjelasan guru.
Kelebihannya, dengan menggambar dari bentuk lingkaran anak mampu meningkatkan kratifitas dan daya imajinasi.
Rencana Kegiatan Harian III (RKH III)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH III adalah
Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan mewarnai bentuk gambar bunga
Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditanda tangani oleh kepala TK.
Mengadakan diskusi dengan teman sejawat.
Merencanakan perbaikan.
Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menggambar bunga.
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut :
Kegiatan Awal ± 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a.
Kegiatan fisik motorik kasar.
Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan.
Kegiatan Inti ± 60 menit
Guru menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan mewarnai bentuk gambar bunga.
Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut:
Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan.
Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang nama-nama benda yang ditunjukkan pada anak.
Guru menjelaskan tentang macam-macam warna.
Anak menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru.
Guru memberi tugas pada anak.
Anak melaksanakan kegiatan.
Guru menghargai hasil karya anak.
Istirahat ± 30 menit
Anak mencuci tangan secara bergiliran.
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan bekal.
Anak membereskan perlengkapan makan.
Anak bermain di luar kelas.
Kegiatan Akhir ± 30 menit
Membuat bunyi-bunyian dengan botol bekas, piring dan potongan bambu.
Mengulas kegiatan sehari.
Kesan dan pesan.
Berdo’a, salam dan pulang.
Observasi
Dari hasil pengamatan pada kegiatan mewarnai bentuk bunga, anak-anak lebih antusias karena mempunyai bentuk konkrit.
Refleksi
Dari kegiatan mewarnai bentuk gambar bunga penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu:
Kelemahannya, anak lebih suka bercerita sendiri dan kurang memperhatikan penjelasan guru.
Kelebihannya, dengan mewarnai bentuk gambar bunga anak bisa mengekspresikan perasaan dan pengetahuannya tentang bunga.
Rencana Kegiatan Harian IV (RKH IV)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH IV adalah
Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan menjiplak pola bunga.
Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditandatangani oleh Kepala TK.
Mengadakan diskusi dengan teman sejawat.
Merencanakan perbaikan.
Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menjiplak pola bunga.
Pelaksanaan kegiatan
Kegiatan pengembangan ini mempunnyai pelaksanan tindakan sebagai berikut :
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a
Kegiatan fisik motorik kasar
Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan
Kegiatan inti + 60 menit
Guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan menjiplak pola bunga.
Langkah-langkah kegiatannya adalah sebagai berikut :
Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan
Guru mendemonstrasikan dan menjelaskan cara menjiplak pada bunga
Anak memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Guru memberi tugas pada anak
Anak melaksanakan kegiatan
Guru menghargai hasil karya anak
Istirahat + 30 menit
Anak mencuci tangan secara bergiliran
Anak berdo’a sebelum dan sesuadah memakan bekal
Anak membereskan perlengkapan makan
Anak bermain di luar kelas
Kegiatan akhir + 30 menit
Menirukan 3 urutan kata ( sayur bayam enak, bunga mawar indah, pohon mangga tinggi dan seterusnya).
Mengulas kegiatan sehari
Kesan dan pesan
Berdo’a, salam dan pulang.
c. Observasi
Dari hasil pengamatan pada kegiatan menjiplak pola bunga, anak mengalami kesulitan dalam memegang pola yang digunakan untuk menjiplak.
Refleksi
Dari kegiatan menjiplak pola bunga, penulis menemukan kelemahan dan kelebihan yaitu :
Kelemahannya, ada anak yang cepat putus asa karena mengalami kesulitan sehingga tidak mau melaksanakan tugas
Kelebihanya, anak merasa senang karena menemukan gambar bentuk dibalik benda yang lain.
Rencana kegiatan harian V (RKH V )
Perencanaan
Perencanaan pada RKH V adalah :
Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan menggambar tanaman dengan berbagai media
Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditandatangani oleh kepala TK.
Mengadakan diskusi dengan teman sejawat.
Merencanakan perbaikan
Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menggambar tanaman
Pelaksanaan kegiatan
Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut :
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris, masuk, salam, dan berdo’a
Kegiatan fisik motorik kasar
Apersepsi guru dengan bercerita dan membicarakan kegiatan yang akan dilaksanakan.
Kegiatan inti + 60 menit
Guru menggunakan metode bercerita, praktek langsung, tanya jawab dan pemberian tugas.
Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan menggambar tanaman dengan menggunakan berbagai media
Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut:
Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan.
Guru membacakan cerita
Anak memperhatikan dan mendengarkan cerita guru
Guru memberi tugas pada anak
Anak melaksanakan tugas
Guru menghargai hasil karya anak
Istirahat + 30 menit
Anak mencuci tangan secara bergiliran
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan bekal
Anak membereskan perlengkapan makan
Anak bermain di luar kelas
Kegiatan akhir + 30 menit
Menceritakan gambar yang dibuat sendiri
Mengulas kegiatan sehari
Kesan dan pesan
Berdo’a, salam, pulang
c. Obsevasi
Dari hasil pengamatan pada kegiatan menggambar tanaman dengan menggunakan berbagai media, anak belum berani menggoreskan krayonnya.
d. Refleksi
Dari kegiatan menggambar tanaman dengan menggunakan berbagai media, penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu:
Kelemahannya, suasana kelas menjadi ramai karena anak banyak mengatakan tidak bisa.
Kelebihan menggambar dengan menggunakan berbagai media anak diharapkan mampu menuangkan pengalaman yang dimiliki ke dalam bentuk gambar.
Deskripsi Siklus II
Setelah siklus I selesai maka tahap selanjutnya merencanakan perbaikan pembelajaran yang terdiri dari RKH perbaikan, lembar observasi dan refleksi setelah pembelajaran. Rencana perbaikan siklus II saya laksanakan pada tanggal 25-29 oktober 2011 setelah berdiskusi dengan teman sejawat. Kelemahan-kelemahan yang ada di RKH I sampai RKH V meliputi kegiatan : mewarnai bentuk-bentuk goemetri, menggambar dari bentuk lingkaran, mewarnai bentuk gambar sederhana, menjiplak pola dan menggambar bebas dengan menggunakan berbagai media anak belum mampu melaksanakan dengan baik. Maka penulis merencanakan tindakan sebagai berikut :
Menyampaikan atau menjelaskan kegiatan dengan bahasa yang mudah dipahami anak dan bersikap luwes.
Menggunakan alat peraga yang menarik anak
Menjelaskan langkah-langkah dalam mewarnai, menjiplak dan menggambar
Memberikan motivasi dalam mengenalkan warna, membuat coretan, mewarnai gambar, menggambar bentuk dari lingkaran dan mengambar bebas dengan menggunakan berbagai media.
Memberikan motivasi dan reward bagi anak yang telah menyelesaiakan tugas dengan baik.
Pembelajaran yang penulis laksanakan pada siklus II adalah :
Rencana kegiatan harian I (RKH Perbaikan)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH I perbaikan sama dengan RKH I siklus I merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi merencanakan perbaikan dari pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja.
Pelaksanaan tindakan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris, masuk salam dan berdo’a
Fisik motorik kasar menagkap buah dengan menggunakan 2 tangan
Bercakap-cakap tentang bagian-bagian tanaman
Kegiatan inti + 60 menit
Mengelompokkan bunga berdasarkan warna
Mewarnai bentuk-bentuk geometri
Guru mengenalkan benda-benda yang berbentuk geometri
Guru mengenalkan macam-macam warna
Guru menjelaskan tentang cara mewarnai
Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu
Guru memberi penghargaan pada anak
Membuat garis lengkung C C C
Istirahat + 30 menit
Anak mencuci tangan
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makna bekal
Anak membereskan perlengkapan makan
Anak bermain di luar kelas
Kegiatan akhir + 30 menit
Menyanyi lagu “bagian-bagian tanaman”
Mengulas kegiatan sehari
Kesan dan pesan
Berdo’a salam dan pulang.
Observasi
Pada kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri anak mampu mengenal macam-macam warna dan antusias dalam melaksanakan tugas setelah melihat benda-benda yang berbentuk gometri
Refleksi
Refleksi dilakukan untuk mengamati kemampuan anak mewarnai bentuk-bentuk geometri adalah :
Penggunaan alat peraga sesuai dengan perkembangan anak yiatu berpikir kokrit
Kelemahannya suasana kelas menjadi ramai
Kelebihannya dengan alat peraga langsung anak lebih tertarik untuk mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna secara nyata.
Rencana kegiatan harian II (RKH II)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH II siklus II sama seperti pada siklus I yaitu merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan bahan dan alat serta lembar kerja.
Pelaksanaan tindakan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a
Fisik motorik kasar lomba lari mengambil bunga di kranjang
Bercakap-cakap tentang tanaman yang dimakan manusia
Kegiatan inti + 60 menit
Membilang gambar bunga dan menuliskan angka dibawahnya
Menggambar bunga dari bentuk lingkaran
Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan
Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang bentuk geometri
Guru mendemonstrasikan dan menjelaskan cara menggambar
Anak aktif menjawab pertanyaan, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu.
Guru memberi penghargaan pada anak.
Menulis huruf b
Istirahat + 30 menit
Anak mencuci tangan
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan
Anak membereskan perlengkapan makan
Anak bermain bebas di halaman
Kegiatan akhir + 30 menit
Menyanyikan lagu “macam-macam bunga.
Mengulas kegiatan sehari
Kesan dan pesan
Berdo’a, salam dan pulang.
Observasi
Pada kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran anak sudah mampu membuat lingkaran dan kemampuan menggambar bentuk bunga juga ada peningkatan
Refleksi
Refleksi dilakukan untuk mengamati kemampuan anak menggambar bunga dari bentuk lingkaran adalah
Kelebihannya, anak antusias dan senang dalam mengerjakannya sehingga gambar bunga yang dibuat sangat banyak
Kelemahannya, pembagian waktu yang sulit dilaksanakan sesuai dengan rencana.
Rencana kegiatan harian III (RKH III)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH III perbaikan sama dengan RKH III siklus I yaitu : merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja.
Perbaikan tindakan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a
Fisik motorik kasar menirukan gerakan orang menebang pohon
Bercakap-cakap dan pemberian tugas menyebutkan waktu bila menyiram tanaman (pagi, siang, sore)
Kegiatan inti + 60 menit
Membedakan kumpulan gambar yang tidak sama jumlahnya dengan diwarnai
Mewarnai gambar bunga
Guru menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan
Guru bertanya tentang macam-macam warna
Guru menjelaskan tentang cara mewarnai
Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu
Guru memberi penghargaan pada anak.
Mengisi 2 botol dengan biji kacang hijau lalu dibedakan banyaknya biji kacang hijau di dalam botol.
Istirahat + 30 menit
Anak mencuci tangan
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan
Anak membereskan perlengkapan makan
Anak bermain bebas di halaman
Kegiatan akhir + 30 menit
Membuat bunyi-bunyian dengan botol bekas, piring, dan potongan bambu
Mengulas kegiatan sehari
Berdo’a, salam dan pulang.
Observasi
Pada kegiatan ini anak lebih semangat dalam melaksanakan tugas dibandingkan pada SKH III siklus I dan lebih meningkat kemampuan dalam mewarnai bentuk sederhana.
Refleksi
Refleksi dilakukan untuk mengamati kemampuan anak mewarnai bentuk bunga adalah
Kelebihannya anak mewarnai lebih rapi dan terkonsep
Kelemahan ada anak yang merebutkan alat untuk mewarnai karena menggunakan warna yang disukai anak
Pada kegiatan akhir saya memotivasi anak dengan memperlibatkan hasil anak dalam mewarnai bentuk gambar bunga.
Rencana kegiatan harian IV (RKH IV)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH IV perbaikan sama dengan RKH V siklus I, yaitu : merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja.
Pelaksanaan tindakan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a
Fisik motorik kasar berlari mengambil daun
Bercakap-cakap tentang konsep di luar, di dalam, di atas, di bawah dan sebagainya.
Kegiatan inti + 30 menit
Melanjutkan 2 urutan pola gambar dengan cara menempel
Melipat bunga
Menjiplak pola bunga
Garu menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan
Guru bertanya pada anak tentang benda-benda yang ditunjukan pada mereka
Guru mendesmontrasikan dan menjelaskan cara menjiplak
Anak aktif menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru.
Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu
Guru memberi penghargaan pada anak
Istirahat + 30 menit
Anak mencuci tangan
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan
Anak membereskan perlengkapan makan
Anak bermain bebas di halaman
Kegiatan akhir + 30 menit
Menirukan 3 urutan kata (sayur bayam enak, bunga mawar indah, pohon mangga tingi).
Mengulas kegiatan sehari
Kesan dan pesan
Berdo’a, salam dan pulang.
Observasi
Pada kegiatan menjiplak pola kemmampuan anak terus meningkat dan anak antusias dalam melaksanakan tugas.
Refleksi
Pada pelaksanaan RKH IV kemampuan anak dalam menjiplak pola sudah meningkat karena :
Anak semakin trampil dalam memegang pola dan pensil yang digunakan
Anak tidak cepat putus asa dan bahkan karya yang dihasilkan bertambah banyak
Rencana kegiatan harian V (RKH V)
Perencanaan
Perencanaan pada RKH V perbaikan sama dengan RKH V siklus I, yaitu : merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja.
Pelaksanaan tindakan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris, masuk, salam dan berdo’a
Fisik motorik kasar menangkap kantong biji
Bercerita tentang “ Pohon Mangga Tio”
Kegiatan inti + 60 menit
Mengambar tanaman
Guru menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan
Guru membaca buku cerita
Guru bertanya pada anak tentang isi cerita dan tanaman yang dimiliki anak dirumah
Guru memberi tugas anak untuk menutup mata dan membayangkan tanaman yang ada dirumah
Guru memotivasi anak untuk menuangkan imajinasinya di kertas
Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu
Guru memberi penghargaan pada anak
Mengukur panjang daun matoa dan daun mangga
Menghubungkan gambar dengan lambang bilangan yang sesuai
Istirahat + 30 menit
Anak mencuci tangan
Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan
Anak membereskan perlengkapan makan
Anak bermain bebas di halaman
Kegiatan akhir + 30 menit
Menceritakan gambar yang dibuat sendiri
Mengulas kegiatan sehari
Kesan dan pesan
Berdo;a, salam dan pulang
Observasi
Dari hasil kegiatan pembelajaran, maka kemampuan anak menggambar tanaman sesuai harapan guru.
Refleksi
Dari kegiatan yang telah dilaksanakan anak pada kegiatan menggambar tanaman yaitu anak merasa senang dan enjoy dalam melaksanakan hal tersebut karena :
Guru memberikan kegiatan sesuai metode pembelajaran
Rencana kegiatan harian sesuai tema dan indikator pada kurikulum TK yang sesuai dengan perkembangan anak.
Metode yang saya gunakan sesuai dengan diri anak, sehingga dalam melaksanakan tugas anak merasa senang dan nyaman untuk menuangkan gagasan tentang tanaman
Anak aktif mengikuti pembelajaran
Saya dapat menyusun rencana kegiatan dan melaksanakan kegiatan sesuai yang diharapkan.
Dengan mengadakan perbaikan siklus II, menganalisis hasil observasi dan penilaian anak, serta merefleksi diri, maka berdasarkan refleksi siklus I dan siklus II penulis membuat laporan perbaikan ini.
RENCANA KEGIATAN HARIAN I
Satuan pendidikan : TK Pertiwi I
Kelompok : A
Semester : I
Minggu : XI
Tema : Tanaman
Subtema : Bagian-Bagian Tanaman
Hari, tanggal : Selasa, 18 Oktober 2011
Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB
Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator
Lingkup Perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Fisik
Motorik kasar
Motorik halus
Kesehatan fisik
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
Bahasa
Menerima bahasa
Mengungkapkan bahasa
Keaksaraan
Sosial emosional
Tingkat pencapaian perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam
Fisik
Anak dapat menangkap sesuatu secara tepat
Anak dapat membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri, garing kanan dan lingkaran.
Anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
Kognitif
Anak dapat mengklarifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna, atau ukuran
Bahasa
Anak dapat menjawab pertanyaan sederhana
Anak dapat mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek dan sebagainya).
Indikator
Nilai-nilai agama dan moral
Nilai-nilai agama dan moral 6
Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
Nilai-nilai agama dan moral 20
Mengucapkan salam
Nilai-nilai agama dan moral 21
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
Fisik
Motorik kasar 9
Menangkap benda dengan satu tangan/ dua tangan
Motorik halus 19
Membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
Motorik halus 30
Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
Kognitif
Konsep bentuk, warna, ukuran, dan pola 21
Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak, misal : menurut warna, bentuk, ukuran, jenis dan lain-lain.
Bahasa
Mengungkapkan bahasa 8
Menjawab pertanyaan tentang keterangan/ informasi secara sederhana Mengungkapkan bahasa 11
Menyanyikan beberapa lagu anak-anak
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris
Salah satu anak maju memimpin baris
Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib
Anak membaca do’a masuk kelas
Salam
Guru memberi salam kepada anak
Anak menjawab salam
Berdo’a
Anak dan guru berdo’a bersama-sama
Fisik 9
Anak menangkap buah dengan menggunakan 2 tangan
Guru mendemonstrasikan cara menangkap buah
Anak aktif memperhatikan contoh dari guru
Anak melaksanakan tugas dengan cara bergantian.
Bahasa 8
Guru dan anak bercakap-cakap tentang bagian-bagian tanaman
Guru menempel gambar di depan
Guru memberikan informasi tentang bagian-bagian tanaman
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan keterangan dari guru
Guru bertanya kepada anak tentang bagian-bagian tanaman
Anak aktif menjawab pertanyaan guru
Kegiatan inti + 60 menit
Kognitif 20
Anak mengelompokkan bunga berdasarkan warna
Anak aktif memperhatikan bunga yang beraneka warna
Anak menyebutkan warna bunga
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Anak aktif melaksanakan tugas
Fisik 30
Anak mewarnai bentuk-bentuk geometri
Guru bertanya tentang bentuk-bentuk geometri pada anak
Guru mengenalkan macam-macam warna dengan menggunakan kartu warna pada anak
Guru meminta anak untuk menyebutkan warna-warna yang ada di dalam kelas
Guru menjelaskan tentang cara mewarnai
Anak aktif menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Anak menerima lembar tugas
Anak aktif melaksanakan tugas
Fisik 19
Anak membuat/ menulis garis lengkung C C C C
Guru mendemonstrasikan cara membuat garis lengkung
Anak aktif memperhatikan contoh dan penjelasan guru
Anak menerima lembar tugas
Anak aktif melaksanakan tugas
Istirahat + 30 menit
Cuci tangan
Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru
Anak membaca do’a sebelum makan
Anak makan bekal
Anak membaca do’a sesudah makan
Anak bermain bebas di halaman
Kegiatan akhir + 30 menit
Bahasa 11
Anak menyanyi lagu “Bagian-Bagian Pohon”
Guru mendemonstrasikan lagu “bagian-bagian pohon”
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan lagu tersebut
Anak aktif menirukan lagu tersebut
Mengulas kegiatan sehari
Berdo’a
Salam
Pulang
Penilaian
Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik
Hasil ana kata-rata baik
Anak belum bisa mengerjakan tugas
Jepara, 18 oktober 2011
Mengetahui
Kepala TK Pertiwi I
RENCANA KEGIATAN HARIAN II
Satuan pendidikan : TK Pertiwi I
Kelompok : A
Semester : I
Minggu : XI
Tema : Tanaman
Subtema : Bagian-Bagian Tanaman
Hari, tanggal : Rabu, 19 Oktober 2011
Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB
Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator
Lingkup Perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Fisik
Motorik kasar
Motorik halus
Kesehatan fisik
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
Bahasa
Menerima bahasa
Mengungkapkan bahasa
Keaksaraan
Sosial emosional
Tingkat pencapaian perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam
Anak dapat mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
Fisik
Anak dapat menangkap sesuatu secara tepat
Anak dapat membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri, garing kanan dan lingkaran.
Kogntif
Anak dapat mengenal konsep bilangan
Bahasa
Anak dapat mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek dan sebagainya)
Anak dapat meniru huruf
Indikator
Nilai-nilai agama dan moral
Nilai-nilai agama dan moral 6
Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
Nilai-nilai agama dan moral 20
Mengucapkan salam
Nilai-nilai agama dan moral 21
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
Fisik
Motorik kasar 14
Berlari dengan berbagai variasi (menyamping, ke depan dan ke belakang)
Motorik halus 20
Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segi empat
Kognitif
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf 31
Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5)
Bahasa
Mengungkapkan bahasa 10
Menyanyikan lagu secara lengkap
Keaksaraan 26
Menuliskan huruf-huruf abjad
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris
Salah satu anak maju memimpin baris
Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib
Anak membaca do’a masuk kelas
Salam
Guru memberi salam kepada anak
Anak menjawab salam
Berdo’a
Anak dan guru berdo’a bersama-sama
Fisik 14
Anak melakukan lomba lari mengambil bunga di keranjang
Guru mendemonstrasikan lari dan mengambil bunga di kranjang
Anak aktif memperhatikan contoh dari guru
Anak aktif melaksanakan tugas
Nilai-nilai agama dan moral 4
Guru dan anak bercakap-cakap tentang tanaman yang dimakan manusia
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan informasi dari guru
Anak aktif menyebutkan tanaman yang dimakan manusia
Kegiatan inti + 60 menit
Kognitif 31
Anak membilang gambar bunga dan menuliskan angka dibawahnya
Guru menempelkan gambar gambar di depan
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Anak menerima lembar tugas
Anak aktif melaksanakan tugas
Fisik 20
Anak menggambar bunga dari bentuk lingkaran
Guru menempel gambar yang sudah jadi di depan
Guru mendemonstrasikan dan menjelaskan cara menggambar
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Anak menerima lembar tugas
Anak aktif melaksanakan tugas
Istirahat + 30 menit
Cuci tangan
Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru
Anak membaca do’a sebelum makan
Anak makan bekal
Anak membaca do’a sesudah makan
Anak bermain bebas di halaman
Kegiatan akhir + 30 menit
Bahasa 10
Anak menyanyikan lagu “Macam-Macam Bunga”
Anak aktif menyanyi lagu bersama-sama
Anak aktif menyanyi lagu berkelompok
Anak aktif menyanyi lagu perorangan.
Mengulas kegiatan sehari
Berdo’a
Salam
Pulang
Penilaian
Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik
Hasil anak rata-rata baik
Anak belum bisa mengerjakan tugas
Jepara, 19 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala TK Pertiwi I
Sri Ningsih Mahasiswa
Fitriyah
NIM 822206695
RENCANA KEGIATAN HARIAN III
Satuan pendidikan : TK Pertiwi I
Kelompok : A
Semester : I
Minggu : XI
Tema : Tanaman
Subtema : Bagian-Bagian Tanaman
Hari, tanggal : Kamis, 20 Oktober 2011
Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB
Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator
Lingkup Perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Fisik
Motorik kasar
Motorik halus
Kesehatan fisik
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
Bahasa
Menerima bahasa
Mengungkapkan bahasa
Keaksaraan
Sosial emosional
Tingkat pencapaian perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam
Fisik
Anak dapat menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang dan sebagainya.
Anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
Anak dapat mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
Kognitif
Anak dapat mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram dan sebagainya)
Anak dapat mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama, sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan dua variasi
Bahasa
Anak dapat menyebutkan kata-kata yang dikenal
Indikator
Nilai-nilai agama dan moral
Nilai-nilai agama dan moral 20
Mengucapkan salam
Nilai-nilai agama dan moral 21
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
Fisik
Motorik kasar
Senam fantasi meniru (misal: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman yang terkena angin sepoi-sepoi, angin kencang dan kencang sekali) dengan lincah
Motorik halus 29
Mewarnai bentuk gambar sederhana
Motorik halus 44
Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains 11
Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian dan lain-lain.
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola 25
Menunjuk dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
Bahasa
Mengungkapkan bahasa 16
Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris
Salah satu anak maju memimpin baris
Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib
Anak membaca do’a masuk kelas
Salam
Guru memberi salam kepada anak
Anak menjawab salam
Berdo’a
Anak dan guru berdo’a bersama-sama
Fisik 1
Anak menirukan gerakan orang menebang pohon
Guru mendemonstrasikan cara menebang pohon
Anak aktif memperhatikan contoh dari guru
Anak aktif melaksanakan tugas
Bahasa 6
Anak menyebutkan waktu bila menyiram tanaman (pagi, siang, sore)
Guru bertanya kapada anak tentang kegiatan di rumah
Anak aktif memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru
Guru menanyakan kapan anak menyiram tanaman
Anak aktif menjawab pertanyaan guru.
Kegiatan inti + 60 menit
Kognitif 25
Anak membedakan kumpulan gambar yang tidak sama jumlahnya dengan cara diwarnai
Guru menempel gambar di depan
Guru mengajak anak untuk menghitung jumlah gambar
Guru bertanya tentang jumlah gambar kepada anak
Anak aktif menjawab pertanyaan guru
Guru menjelaskan tentang jumlah gambar yang sama dan tidak sama
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Anak menerima lembar tugas
Anak aktif melaksanakan tugas
Fisik 29
Anak mewarnai gambar bunga
Guru menempel gambar yang sudah jadi di depan
Guru menjelaskan cara mewarnai yang benar
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru
Anak menerima lembar tugas
Anak aktif melaksanakan tugas
Kognitif 11
Anak mengisi 2 botol dengan biji kacang hijau lalu dibedakan banyaknya biji kacang hijau di dalam botol
Guru bertanya tentang nama-nama benda yang ditunjukkan pada anak.
Anak aktif memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru.
Anak menerima tugas untuk memasukkan biji kacang hijau ke dalam botol.
Anak aktif melaksanakan tugas.
Istirahat
Cuci tangan
Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru.
Anak membaca do’a sebelum makan.
Anak makan bekal.
Anak membaca do’a sesudah makan.
Anak bermain bebas di halaman.
Kegiatan Akhir ± 30 menit
Fisik 44
Anak membuat bunyi-bunyian dengan botol bekas, piring dan potongan bambu.
Guru mendemonstrasikan memukul bermacam-macam benda.
Anak aktif memperhatikan contoh dari guru.
Anak aktif melaksanakan tugas secara perorangan dan kelompok.
Mengulas kegiatan sehari.
Berdo’a.
Salam.
Pulang.
Penilaian
Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik.
Hasil anak rata-rata baik.
Anak belum bisa mengerjakan tugas
Jepara, 20 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala TK Pertiwi I
Sri Ningsih Mahasiswa
Fitriyah
NIM 822206695
RENCANA KEGIATAN HARIAN IV
Satuan pendidikan : TK Pertiwi I
Kelompok : A
Semester : I
Minggu : XI
Tema : Tanaman
Subtema : Bagian-Bagian Tanaman
Hari, tanggal : Jum’at, 21 Oktober 2011
Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB
Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator
Lingkup Perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Fisik
Motorik kasar
Motorik halus
Kesehatan fisik
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
Bahasa
Menerima bahasa
Mengungkapkan bahasa
Keaksaraan
Sosial emosional
Tingkat pencapaian perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam
Fisik
Anak dapat menendang sesuatu secara terarah.
Anak dapat menjiplak bentuk.
Anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit.
Kognitif
Anak dapat mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram dan sebagainya)
Anak dapat mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC.
Bahasa
Anak dapat mengerti 2 perintah yang diberikan bersamaan.
Indikator
Nilai-nilai agama dan moral
Nilai-nilai agama dan moral 6
Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
Nilai-nilai agama dan moral 20
Mengucapkan salam
Nilai-nilai agama dan moral 21
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
Fisik
Motorik kasar 14
Berlari dengan berbagai variasi.
Motorik halus 2
Menjiplak dan meniru garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran.
Motorik halus 23
Meniru melipat kertas sederhana (1-4 lipatan)
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains 8
Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah, atas-bawah, luar-dalam, pertama-terakhir, keluar-masuk, naik-turun, maju-mundur.
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola 27
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk dua pola yang berurutan, misal : merah-putih, merah-putih, merah-putih-biru, merah-putih-biru……
Bahasa
Mengungkapkan bahasa 2
Menirukan kembali 3-4 urutan kata.
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris
Salah satu anak maju memimpin berbaris.
Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib.
Anak membaca do’a masuk kelas.
Salam
Guru memberi salam kepada anak
Anak menjawab salam
Berdo’a
Anak dan guru berdo’a bersama-sama
Fisik I4
Anak berlari mengambil daun
Guru mendemonstrasikan lari dan mengambil daun
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru
Anak aktif melaksanakan tugas
Bahasa 8
Guru dan anak bercakap-cakap tentang konsep di luar, di dalam, di atas, di bawah dan sebagainya :
Guru bertanya kapada anak arti di luar, di dalam, di atas, di bawah
Anak aktif menjawab pertanyaan guru
Guru bertanya tentang tanaman yang buahnya di bawah dan di atas pohon, di luar dan di dalam tanah.
Anak aktif menjawab dan menyebutkan nama tanaman tersebut.
Kegiatan inti + 60 menit
Kognitif 27
Anak melanjutkan 2 urutan pola gambar dengan cara menempel.
Guru menempel gambar di depan
Guru menjelaskan dan memberi contoh cara melanjutkan 2 urutan pola.
Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru.
Anak menerima lembar tugas.
Anak aktif melaksanakan tugas
Fisik 31
Anak melipat bunga
Guru menjelaskan dan memberi contoh melipat.
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru.
Anak menerima kertas lipat.
Anak aktif melaksanakan tugas.
Fisik 2
Anak menjiplak pola bunga
Guru menjelaskan dan memberi contoh cara menjiplak pola.
Anak aktif memperhatikan dan menjawab penjelasan guru.
Anak menerima lembar tugas.
Anak aktif melaksanakan tugas.
Istirahat
Cuci tangan
Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru.
Anak membaca do’a sebelum makan.
Anak makan bekal.
Anak membaca do’a sesudah makan.
Anak bermain bebas di halaman.
Kegiatan Akhir ± 30 menit
Bahasa 2
Anak menirukan 3 urutan kata (sayur bayam enak, bunga mawar indah, pohon mangga tinggi, dan seterusnya).
Guru mendemonstrasikan urutan kata.
Anak aktif memperhatikan dan menirukan bersama-sama.
Anak aktif menirukan urutan kata dengan bergantian.
Mengulas kegiatan sehari.
Berdo’a.
Salam.
Pulang.
Penilaian
Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik.
Hasil anak rata-rata baik.
Anak belum bisa mengerjakan tugas
Jepara, 21 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala TK Pertiwi I
Sri Ningsih Mahasiswa
Fitriyah
NIM 822206695
RENCANA KEGIATAN HARIAN V
Satuan pendidikan : TK Pertiwi I
Kelompok : A
Semester : I
Minggu : XI
Tema : Tanaman
Subtema : Bagian-Bagian Tanaman
Hari, tanggal : Sabtu, 22 Oktober 2011
Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB
Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator
Lingkup Perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Fisik
Motorik kasar
Motorik halus
Kesehatan fisik
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
Bahasa
Menerima bahasa
Mengungkapkan bahasa
Keaksaraan
Sosial emosional
Tingkat pencapaian perkembangan
Nilai-nilai agama dan moral
Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam
Fisik
Anak dapat menangkap sesuatu secara tepat.
Anak dapat mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.
Kognitif
Anak dapat mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram dan sebagainya)
Anak dapat mengenal konsep bilangan
Bahasa
Anak dapat memahami cerita yang dibacakan.
Anak dapat mengutarakan pendapat dengan orang lain.
Indikator
Nilai-nilai agama dan moral
Nilai-nilai agama dan moral 6
Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
Nilai-nilai agama dan moral 20
Mengucapkan salam
Nilai-nilai agama dan moral 21
Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
Fisik
Motorik kasar 10
Menangkap benda dengan berbagai variasi.
Motorik halus 36
Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dan lain-lain).
Kognitif
Pengetahuan umum dan sains 9
Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat melalui mengukur dengan satuan tidak baku (langkah, jengkal, benang atau tali).
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf 32
Menghubungkan/memasang lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5 (anak tidak disuruh menulis).
Bahasa
Menerima bahasa 4
Mendengarkan cerita yang dibacakan.
Mengungkapkan bahasa 17
Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri.
Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan awal + 30 menit
Berbaris
Salah satu anak maju memimpin berbaris.
Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib.
Anak membaca do’a masuk kelas.
Salam
Guru memberi salam kepada anak
Anak menjawab salam
Berdo’a
Anak dan guru berdo’a bersama-sama
Fisik 11
Anak menangkap kantong biji
Guru memberikan contoh menangkap kantong biji.
Anak aktif memperhatikan contoh dari guru.
Anak aktif melaksanakan tugas
Bahasa 4
Anak mendengarkan cerita tentang “Pohon Mangga Tio”
Guru membacakan buku cerita.
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan cerita.
Guru bertanya kepada anak tentang isi cerita.
Anak aktif menjawab pertanyaan guru.
Kegiatan inti + 60 menit
Fisik 36
Anak menggambar tanaman
Guru membaca cerita untuk anak.
Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan cerita guru.
Anak diberi kebebasan untuk menggambar tanaman yang ada di rumah.
Anak menerima lembar tugas.
Anak aktif melaksanakan tugas.
Kognitif 9
Anak mengukur panjang daun matoa dan daun mangga.
Guru mendemonstrasikan cara mengukur dengan jengkal.
Anak aktif memperhatikan contoh dari guru.
Anak aktif melaksanakan tugas.
Kognitif 32
Anak menghubungkan gambar dengan lambang bilangan yang sesuai
Guru menempel gambar di depan.
Guru mengajak anak menghitung gambar dan menanyakan lambang bilangan.
Anak aktif memperhatikan, menghitung gambar, menjawab pertanyaan dan mendengarkan penjelasan guru.
Anak menerima lembar tugas.
Anak aktif melaksanakan tugas.
Istirahat + 30 Menit
Cuci tangan
Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru.
Anak membaca do’a sebelum makan.
Anak makan bekal.
Anak membaca do’a sesudah makan.
Anak bermain bebas di halaman.
Kegiatan Akhir ± 30 menit
Bahasa 17
Anak menceritakan gambar yang dibuat sendiri.
Guru bertanya pada anak tentang gambar yang telah dibuat.
Anak aktif menjawab pertanyaan guru.
Guru memberi tugas anak untuk menceritakan gambar yang dibuat
Anak aktif melaksanakan tugas.
Mengulas kegiatan sehari.
Berdo’a.
Salam.
Pulang.
Penilaian
Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik.
Hasil anak rata-rata baik.
Anak belum bisa mengerjakan tugas.
Jepara, 22 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala TK Pertiwi I
Sri Ningsih Mahasiswa
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
http://qizz234.blogspot.com/ tempatnya PKP dan PTK Sekolah Dasar
BalasHapus