Jumat, 05 Oktober 2012

BAB II KAJIAN PUSTAKA Hakikat Motorik Halus Pengertian Motorik Halus Motorik halus merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan yang melibatkan koordinasi antara mata, tangan, lengan yang digunakan untuk aktivitas seni seperti menggunting, melukis, mewarnai (Gunarti, 2010: 2.17) Gerakan / motorik halus atau fine motor skills adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tidak terlalu membutuhkan tenaga, akan tetapi membutuhkan koordinasi yang cermat serta ketelitian (Fridani, 2010: 2.35). Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau Hakikat mengambar Pengertian menggambar Menggambar adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara mencoret, menggores menorehkan benda tajam ke benda lain dan memberi warna, sehingga menimbulkan gambar. Kegiatan menggambar dapat dilakukan dengan kesadaran penuh berupa maksud dan tujuan tertentu maupun sekedar membuat gambar tanpa arti yang dimulai dari menggerakkan tangan untuk mewujudkan sesuatu bentuk gambar secara tidak sengaja sampai dengan menggambar untuk maksud tertentu. Aktivitas menggambar merupakan salah satu aktivitas seni yang sangat menyenangkan bagi anak. Menurut teori kognitif anak menggambar berdasarkan apa yang mereka ketahui. Oleh karena itu perkembangan kognitif anak sangat mempengaruhi goresan mereka di atas kertas. Menggambar adalah bagian dari kecerdasan visual spasial atau kecerdasan gambar atau kecerdasan pandang-ruang yang didefinisikan sebagai kemampuan mempersepsi dunia visual spasial secara akurat serta mentransformasikan persepsi visual spasial tersebut dalam berbagai bentuk (Amstrong, 2003 ) Menurut Frans Koppelaar ( 1993 ) menggambar adalah kegiatan-kegiatan membentuk imajinasi, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar. Pelakunya populer dengan sebutan penggambar/ juru gambar yang merupakan salah satu bagian pekerjaan dari perupa. Menurut Aubrey Beardsley ( 1892 ) menggambar sedikit dibedakan dengan kegiatan melukis. Melukis bisa disebut sebagai tahap penyelesaian sebuah gambar dengan pigmen yang diberi medium cair dan diaplikasi dengan kuas. Sementara menggambar lebih menitik beratkan penggunaan garis dan komposisi. Dalam kegiatan menggambar peralatan yang digunakan adalah pensil, pensil warna, krayon, spidol, cat air, kuas, penyerut pensil, penghapus dan kertas sebagai media permukaan. Kegiatan menggambar dapat menggunakan contoh gambar maupun pola gambar yang akan digambar. Tahapan perkembangan menggambar anak Mencoret (Scribble), meliputi : membuat coretan acak, mencoba memegang pensil dengan tangan kiri atau tangan kanan, menemukan dan menunjukkan objek-objek yang telah dikenalnya dalam coretan dengan memberi nama pada coretannya dan belajar mengatakan tentang tanda-tanda, warna dan sebagainya. Tahap Pra- Skematik, meliputi : penggunaan warna yang tidak berdasarkan kenyataan tapi menggunakan warna kesukaan, menggambar orang seperti kecebong, kepala berukuran besar dengan badan yang kecil/ kurus dan tangan yang panjang objek mengambang dan menggambar dengan sinar-x Tahap Skematik, meliputi : penggunaan warna yang realistik Mempunyai skema, ketika menggambar orang ukuran tubuh dan kepala sudah mulai proposional dan lebih terperinci, mulai memahami hubungan antara gambar dan dunianya serta menciptakan cerita yang agak panjang dengan gambar tersebut. Teknik menggambar bagi anak usia dini Teknik kering Teknik kering adalah teknik menggambar langsung di atas medium dengan menoreh ataupun menggores dengan pensil maupun pastel. Teknik basah Teknik basah adalah teknik menggambar dengan bahan cat air dan digunakan dengan cara mencairkan terlebih dahulu. Hakikat Tanaman Pengertian Tanaman Tanaman merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri makhluk hidup yaitu : tumbuh, bergerak, berkembang biak, bernafas, memerlukan makan dan melakukan berbagai aktivitas dalam mempertahankan hidupnya. Bagian-bagian Tanaman Akar Akar merupakan bagian tanaman yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Bentuk akar pada umumnya runcing di bagian ujungnya untuk memudahkan akar menembus tanah. Batang Batang merupakan bagian tanaman yang arah tumbuhnya menuju sinar matahari dan tumbuh di atas tanah. Umumnya batang bercabang, tetapi pada tanaman tertentu batang tidak memiliki cabang seperti pada tanaman pisang, kelapa dan pepaya. Daun Daun merupakan bagian tanaman yang biasanya berbentuk tipis melebar dan bewarna hijau. Namun ada juga daun yang berwarna kuning, merah atau ungu. Dan daun tumbuh di batang. Bunga Bunga adalah bagian tanaman yang berwarna-warni. Selain berwarna-warni dan indah, bunga juga ada yang berbau harum. Buah dan biji Buah dan biji adalah bagian tanaman yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari bunga. Perubahanya terjadi pada saat proses perkembangbiakan atau pada saat tanaman memperbanyak diri. Hakikat Inteligensi Pengertian Inteligensi Alfred Binet mengatakan bahwa kecerdasan adalah kemampuan yang terdiri dari tiga komponen, yakni, (1) kemampuan untuk mengarahkan pikiran atau tindakan, (2) kemampuan untuk mengubah arah pikiran atau tindakan, dan (3) kemampuan untuk mengkritisi pikiran dan tindakan diri sendiri atau autocritism. Menurutnya, inteligensi merupakan sesuatu yang fungsional sehingga tingkat perkembagan individu dapat diamati dan dinilai berdasarkan kriteria tertentu. Edward Lee Thorndike, mengklasifikasikan inteligensi ke dalam tiga bentuk kemampuan, yakni : Kemampuan abstraksi yakni kemampuan untuk “beraktivitas” dengan menggunakan gagasan dan simbol-simbol secara efektif. Kemampuan mekanik, yakni kemampuan untuk “beraktivitas” dengan menggunakan alat-alat mekanis dan kemampuan untuk kegiatan yang memerlukan aktivitas indra-gerak. Kemampuan sosial, yakni kemmapuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru dengan cara-cara yang cepat dan efektif. Piaget mengemukakan bahwa inteligensi adalah dasar fungsi hidup yang membantu organisme beradaptasi dengan lingkungannya dan suatu bentuk keseimbangan yang menjadi kecenderungan secara stuktur kognitif. Maksudnya adalah semua kegiatan intelektual dilakukan dengan satu tujuan dalam pikiranya, yaitu menghasilkan keseimbangan atau keharmonisan hubungan antara proses berpikir seseorang dengan lingkungannya ( usaha membuat keseimbangan disebut keseimbangan kognitif, dan proses pencapaianya dinamakan ekuilibrasi). Vigotsky mengatakan bahwa bayi dilahirkan dengan sedikit fungsi mental awal yaitu perhatian, sensasi, persepsi dan ingatan yang akhirnya diubah oleh budaya ke dalam proses mental yang lebih baru dan rumit yang ia sebut fungsi mental yang lebih tinggi. Kesimpulannya bahwa kognisi manusia meskipun seseorang dalam isolasi, sifatnya tetap sosiokultural karena dipengaruhi oleh kepercayaan, nilai-nilai, dan perlengkapan adaptasi intelektual yang diberikan kepada individu oleh budayanya. Kecerdasan, menurut paradigma multiple intelligences (Gardner, 1993) dapat didefinisikan sebagai kemampuan yang mempunyai tiga komponen utama, yakni : Kemampuan unutk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan nyata sehari-hari. Kemampuan unutk menghasilkan persoalan-persoalan baru yang dihadapai untuk diselesaikan Kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan jasa yang akan menimbulkan penghargaan dalam budaya seseorang. Hakikat Metode pemberian tugas Pengertian metode pemberian tugas Metode pemberian tugas merupakan tugas atau pekerjaan yang sengaja diberikan kepada anak yang harus dilaksanakan dengan baik, dimana dalam menyelesaikan tugas ini didasarkan pada petunjuk langsung dari pendidik yang sudah dipersiapkan sehingga anak dapat menjalani secara nyata dan melaksanakan dari awal sampai tuntas. Menurut Maria Montessori, anak yang masih berada dalam ruang lingkup anak usia dini sedang berada dalam masa peka yang membutuhkan adanya stimulasi yang dapat mengoptimalkan perkembangannya. Oleh karena itu, Montessori menekankan pentingnya peran pendidik dalam memberikan stimulasi berupa kesempatan dan bahan latihan agar dapat mengoptimalkan perkembangan pada masa peka tersebut. Dan bahan latihan yang diberikan kepada anak dapat diberikan dengan menggunakan metode pemberian tugas. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan tugas Pemberian tugas adalah proses integral dalam kegiatan pengembangan maka tujuan tugas merupakan bagian penting sehingga tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Pemberian tugas tidak sekedar menyibukkan anak melainkan harus dapat memberikan sumbangan terhadap tujuan belajar yang diharapkan. Pemberian tugas harus memberikan pengenalan kepada anak untuk bekerja dengan baik. Pemberian tugas harus menantang pengembangan kreativitas. Pemberian tugas harus menumbuhkan kesadaran diri sendiri, bukan untuk pendidik. Kelebihan metode pemberian tugas Memberi kesempatan kepada anak untuk belajar lebih banyak. Memupuk rasa tanggung jawab. Memperkuat motivasi belajar. Membangun hubungan yang erat dengan orang tua. Mengembangkan keberanian berinisiatif.   BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN Subjek Penelitian Tempat penelitian : TK. Pertiwi I Ngabul Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Alamat Penelitian : Desa Ngabul Tahunan Jepara Kelompok : A Indikator Pengembangan : Menggambar bebas dengan berbagai media Tema / Subtema : Tanaman / Bagian – Bagian Tanaman Jumlah Anak Didik : 18 anak Jadwal Perbaikan : Siklus I, 18 Oktober-22 Oktober 2011 Siklus II, 25 Oktober-29 Oktober 2011 Deskripsi Perbaikan Per Siklus Untuk memudahkan dalam mengadakan penelitian tindakan kelas guna mengatasi permasalahan pengembangan motorik halus dalam indikator menggambar bebas dengan berbagai media. Penulis merencanakan perbaikan pembelajaran 2 siklus, pada masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahap dalam PTK, yaitu : merencanakan, melaksanakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis adalah: Melakukan refleksi, berdiskusi dengan teman sejawat, dan meminta saran/ bimbingan dari Supervisor untuk mengidentifikasi masalah. Menyusun rencana perbaikan pembelajaran. Melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran. Menganalisis data yang diperoleh pada waktu melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran kemudian menarik kesimpulan untuk merencanakan siklus berikutnya. Menggunakan alat penilaian observasi Deskripsi Per Siklus Pembelajaran awal dilaksanakan pada tanggal 17 oktober 2011. Setelah itu mengadakan refleksi dan merencanakan tindakan pembelajaran pada siklus I. Untuk pelaksanaan siklus I pada tanggal 18-22 oktober 2011. Setelah tindakan perbaikan pembelajaran siklus I dilanjutkan diskusi dengan teman sejawat. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan selama pembelalajaran penulis minta bantuan pada teman sejawat sebagai pengamat dengan mengisi lembar observasi yang berisi daftar pertanyaan tentang aspek yang diamati. Adapun alat penilaian yang digunakan observasi dalam mengamati kegiatan pembelajaran yang dilakukan penulis disebut alat penilaian kemampuan guru PKPI (APKG-PKPI) dan alat penilaian kemampuan guru PKP 2 (APKG-2) Dekripsi siklus Rencana Kegiatan Harian I (RKH I) Perencanaan Perencanaan pada RKH I adalah Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditanda tangani oleh kepala TK Mengadakan diskusi dengan teman sejawat Merencanakan perbaikan Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan mewarnai bentuk-bentuk geometri. Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut : Kegiatan Awal ± 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a. Kegiatan fisik motorik kasar. Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan Inti ± 60 menit Guru menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan mewarnai bentuk-bentuk geometri. Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut: Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan. Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang macam-macam warna. Guru menjelaskan tentang cara mewarnai. Anak menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru. Guru memberi tugas pada anak. Anak melaksanakan kegiatan. Guru menghargai hasil karya anak. Istirahat ± 30 menit Anak mencuci tangan secara begiliran. Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan bekal. Anak membereskan perlengkapan makan. Anak bermain di luar kelas. Kegiatan Akhir ± 30 menit Menyanyi lagu “Bagian-Bagian Tanaman”. Mengulas kegiatan sehari. Kesan dan pesan. Berdo’a, salam dan pulang. Observasi Dari hasil pengamatan pada kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri, anak-anak banyak yang belum mampu mengenal macam-macam warna, memegang pensil atau krayon dengan sempurna dan kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Refleksi Dan kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu: Kelemahannya, anak belum mampu mengenal warna-warna dan tidak tertarik dengan bentuk gambar yang disediakan. Kelebihannya, dengan mewarnai bentuk-bentuk geometri anak mampu meningkatkan kemampuan motorik halusnya dengan mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit. Rencana Kegiatan Harian II (RKH II) Perencanaan Perencanaan pada RKH II adalah Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran. Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditanda tangani oleh kepala TK. Mengadakan diskusi dengan teman sejawat. Merencanakan perbaikan. Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menggambar bunga dari bentuk lingkaran. Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut : Kegiatan Awal ± 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a. Kegiatan fisik motorik kasar. Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan Inti ± 60 menit Guru menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan menggambar bunga dari bentuk lingkaran. Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut: Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan. Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang bentuk geometri. Guru menjelaskan tentang cara menggambar. Guru memberi tugas pada anak. Anak melaksanakan kegiatan. Guru menghargai hasil karya anak. Istirahat ± 30 menit Anak mencuci tangan secara begiliran. Anak berdo’a sebalum dan sesudah makan bekal. Anak membereskan perlengkapan makan. Anak bermain di luar kelas. Kegiatan Akhir ± 30 menit Menyanyi lagu “Macam-Macam Bunga”. Mengulas kegiatan sehari. Kesan dan pesan. Berdo’a, salam dan pulang. Observasi Dari hasil pengamatan pada kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran, anak-anak banyak yang belum mampu membuat lingkaran dan kurang antusias dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Refleksi Dari kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu: Kelemahannya, anak belum mampu membuat lingkaran, memegang pensil atau krayon dengan sempurna dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Kelebihannya, dengan menggambar dari bentuk lingkaran anak mampu meningkatkan kratifitas dan daya imajinasi. Rencana Kegiatan Harian III (RKH III) Perencanaan Perencanaan pada RKH III adalah Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan mewarnai bentuk gambar bunga Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditanda tangani oleh kepala TK. Mengadakan diskusi dengan teman sejawat. Merencanakan perbaikan. Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menggambar bunga. Pelaksanaan Kegiatan Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut : Kegiatan Awal ± 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a. Kegiatan fisik motorik kasar. Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan Inti ± 60 menit Guru menggunakan metode tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan mewarnai bentuk gambar bunga. Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut: Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan. Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang nama-nama benda yang ditunjukkan pada anak. Guru menjelaskan tentang macam-macam warna. Anak menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru. Guru memberi tugas pada anak. Anak melaksanakan kegiatan. Guru menghargai hasil karya anak. Istirahat ± 30 menit Anak mencuci tangan secara bergiliran. Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan bekal. Anak membereskan perlengkapan makan. Anak bermain di luar kelas. Kegiatan Akhir ± 30 menit Membuat bunyi-bunyian dengan botol bekas, piring dan potongan bambu. Mengulas kegiatan sehari. Kesan dan pesan. Berdo’a, salam dan pulang. Observasi Dari hasil pengamatan pada kegiatan mewarnai bentuk bunga, anak-anak lebih antusias karena mempunyai bentuk konkrit. Refleksi Dari kegiatan mewarnai bentuk gambar bunga penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu: Kelemahannya, anak lebih suka bercerita sendiri dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Kelebihannya, dengan mewarnai bentuk gambar bunga anak bisa mengekspresikan perasaan dan pengetahuannya tentang bunga. Rencana Kegiatan Harian IV (RKH IV) Perencanaan Perencanaan pada RKH IV adalah Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan menjiplak pola bunga. Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditandatangani oleh Kepala TK. Mengadakan diskusi dengan teman sejawat. Merencanakan perbaikan. Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menjiplak pola bunga. Pelaksanaan kegiatan Kegiatan pengembangan ini mempunnyai pelaksanan tindakan sebagai berikut : Kegiatan awal + 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a Kegiatan fisik motorik kasar Apersepsi guru membicarakan tema dan kegiatan yang akan dilaksanakan Kegiatan inti + 60 menit Guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan menjiplak pola bunga. Langkah-langkah kegiatannya adalah sebagai berikut : Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan Guru mendemonstrasikan dan menjelaskan cara menjiplak pada bunga Anak memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Guru memberi tugas pada anak Anak melaksanakan kegiatan Guru menghargai hasil karya anak Istirahat + 30 menit Anak mencuci tangan secara bergiliran Anak berdo’a sebelum dan sesuadah memakan bekal Anak membereskan perlengkapan makan Anak bermain di luar kelas Kegiatan akhir + 30 menit Menirukan 3 urutan kata ( sayur bayam enak, bunga mawar indah, pohon mangga tinggi dan seterusnya). Mengulas kegiatan sehari Kesan dan pesan Berdo’a, salam dan pulang. c. Observasi Dari hasil pengamatan pada kegiatan menjiplak pola bunga, anak mengalami kesulitan dalam memegang pola yang digunakan untuk menjiplak. Refleksi Dari kegiatan menjiplak pola bunga, penulis menemukan kelemahan dan kelebihan yaitu : Kelemahannya, ada anak yang cepat putus asa karena mengalami kesulitan sehingga tidak mau melaksanakan tugas Kelebihanya, anak merasa senang karena menemukan gambar bentuk dibalik benda yang lain. Rencana kegiatan harian V (RKH V ) Perencanaan Perencanaan pada RKH V adalah : Merumuskan tujuan perbaikan kegiatan menggambar tanaman dengan berbagai media Membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang telah ditandatangani oleh kepala TK. Mengadakan diskusi dengan teman sejawat. Merencanakan perbaikan Menyediakan lembar kerja kemampuan anak dengan menggambar tanaman Pelaksanaan kegiatan Kegiatan pengembangan ini mempunyai pelaksanaan tindakan sebagai berikut : Kegiatan awal + 30 menit Berbaris, masuk, salam, dan berdo’a Kegiatan fisik motorik kasar Apersepsi guru dengan bercerita dan membicarakan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan inti + 60 menit Guru menggunakan metode bercerita, praktek langsung, tanya jawab dan pemberian tugas. Dan kemampuan yang diperbaiki adalah kemampuan menggambar tanaman dengan menggunakan berbagai media Langkah-langkah kegiatannya sebagai berikut: Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan. Guru membacakan cerita Anak memperhatikan dan mendengarkan cerita guru Guru memberi tugas pada anak Anak melaksanakan tugas Guru menghargai hasil karya anak Istirahat + 30 menit Anak mencuci tangan secara bergiliran Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan bekal Anak membereskan perlengkapan makan Anak bermain di luar kelas Kegiatan akhir + 30 menit Menceritakan gambar yang dibuat sendiri Mengulas kegiatan sehari Kesan dan pesan Berdo’a, salam, pulang c. Obsevasi Dari hasil pengamatan pada kegiatan menggambar tanaman dengan menggunakan berbagai media, anak belum berani menggoreskan krayonnya. d. Refleksi Dari kegiatan menggambar tanaman dengan menggunakan berbagai media, penulis menemukan kelemahan dan kelebihan, yaitu: Kelemahannya, suasana kelas menjadi ramai karena anak banyak mengatakan tidak bisa. Kelebihan menggambar dengan menggunakan berbagai media anak diharapkan mampu menuangkan pengalaman yang dimiliki ke dalam bentuk gambar. Deskripsi Siklus II Setelah siklus I selesai maka tahap selanjutnya merencanakan perbaikan pembelajaran yang terdiri dari RKH perbaikan, lembar observasi dan refleksi setelah pembelajaran. Rencana perbaikan siklus II saya laksanakan pada tanggal 25-29 oktober 2011 setelah berdiskusi dengan teman sejawat. Kelemahan-kelemahan yang ada di RKH I sampai RKH V meliputi kegiatan : mewarnai bentuk-bentuk goemetri, menggambar dari bentuk lingkaran, mewarnai bentuk gambar sederhana, menjiplak pola dan menggambar bebas dengan menggunakan berbagai media anak belum mampu melaksanakan dengan baik. Maka penulis merencanakan tindakan sebagai berikut : Menyampaikan atau menjelaskan kegiatan dengan bahasa yang mudah dipahami anak dan bersikap luwes. Menggunakan alat peraga yang menarik anak Menjelaskan langkah-langkah dalam mewarnai, menjiplak dan menggambar Memberikan motivasi dalam mengenalkan warna, membuat coretan, mewarnai gambar, menggambar bentuk dari lingkaran dan mengambar bebas dengan menggunakan berbagai media. Memberikan motivasi dan reward bagi anak yang telah menyelesaiakan tugas dengan baik. Pembelajaran yang penulis laksanakan pada siklus II adalah : Rencana kegiatan harian I (RKH Perbaikan) Perencanaan Perencanaan pada RKH I perbaikan sama dengan RKH I siklus I merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi merencanakan perbaikan dari pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja. Pelaksanaan tindakan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris, masuk salam dan berdo’a Fisik motorik kasar menagkap buah dengan menggunakan 2 tangan Bercakap-cakap tentang bagian-bagian tanaman Kegiatan inti + 60 menit Mengelompokkan bunga berdasarkan warna Mewarnai bentuk-bentuk geometri Guru mengenalkan benda-benda yang berbentuk geometri Guru mengenalkan macam-macam warna Guru menjelaskan tentang cara mewarnai Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu Guru memberi penghargaan pada anak Membuat garis lengkung C C C Istirahat + 30 menit Anak mencuci tangan Anak berdo’a sebelum dan sesudah makna bekal Anak membereskan perlengkapan makan Anak bermain di luar kelas Kegiatan akhir + 30 menit Menyanyi lagu “bagian-bagian tanaman” Mengulas kegiatan sehari Kesan dan pesan Berdo’a salam dan pulang. Observasi Pada kegiatan mewarnai bentuk-bentuk geometri anak mampu mengenal macam-macam warna dan antusias dalam melaksanakan tugas setelah melihat benda-benda yang berbentuk gometri Refleksi Refleksi dilakukan untuk mengamati kemampuan anak mewarnai bentuk-bentuk geometri adalah : Penggunaan alat peraga sesuai dengan perkembangan anak yiatu berpikir kokrit Kelemahannya suasana kelas menjadi ramai Kelebihannya dengan alat peraga langsung anak lebih tertarik untuk mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna secara nyata. Rencana kegiatan harian II (RKH II) Perencanaan Perencanaan pada RKH II siklus II sama seperti pada siklus I yaitu merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan bahan dan alat serta lembar kerja. Pelaksanaan tindakan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a Fisik motorik kasar lomba lari mengambil bunga di kranjang Bercakap-cakap tentang tanaman yang dimakan manusia Kegiatan inti + 60 menit Membilang gambar bunga dan menuliskan angka dibawahnya Menggambar bunga dari bentuk lingkaran Guru menyediakan media yang akan digunakan dalam kegiatan Guru memberi pertanyaan kepada anak tentang bentuk geometri Guru mendemonstrasikan dan menjelaskan cara menggambar Anak aktif menjawab pertanyaan, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu. Guru memberi penghargaan pada anak. Menulis huruf b Istirahat + 30 menit Anak mencuci tangan Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan Anak membereskan perlengkapan makan Anak bermain bebas di halaman Kegiatan akhir + 30 menit Menyanyikan lagu “macam-macam bunga. Mengulas kegiatan sehari Kesan dan pesan Berdo’a, salam dan pulang. Observasi Pada kegiatan menggambar bunga dari bentuk lingkaran anak sudah mampu membuat lingkaran dan kemampuan menggambar bentuk bunga juga ada peningkatan Refleksi Refleksi dilakukan untuk mengamati kemampuan anak menggambar bunga dari bentuk lingkaran adalah Kelebihannya, anak antusias dan senang dalam mengerjakannya sehingga gambar bunga yang dibuat sangat banyak Kelemahannya, pembagian waktu yang sulit dilaksanakan sesuai dengan rencana. Rencana kegiatan harian III (RKH III) Perencanaan Perencanaan pada RKH III perbaikan sama dengan RKH III siklus I yaitu : merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja. Perbaikan tindakan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a Fisik motorik kasar menirukan gerakan orang menebang pohon Bercakap-cakap dan pemberian tugas menyebutkan waktu bila menyiram tanaman (pagi, siang, sore) Kegiatan inti + 60 menit Membedakan kumpulan gambar yang tidak sama jumlahnya dengan diwarnai Mewarnai gambar bunga Guru menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan Guru bertanya tentang macam-macam warna Guru menjelaskan tentang cara mewarnai Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu Guru memberi penghargaan pada anak. Mengisi 2 botol dengan biji kacang hijau lalu dibedakan banyaknya biji kacang hijau di dalam botol. Istirahat + 30 menit Anak mencuci tangan Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan Anak membereskan perlengkapan makan Anak bermain bebas di halaman Kegiatan akhir + 30 menit Membuat bunyi-bunyian dengan botol bekas, piring, dan potongan bambu Mengulas kegiatan sehari Berdo’a, salam dan pulang. Observasi Pada kegiatan ini anak lebih semangat dalam melaksanakan tugas dibandingkan pada SKH III siklus I dan lebih meningkat kemampuan dalam mewarnai bentuk sederhana. Refleksi Refleksi dilakukan untuk mengamati kemampuan anak mewarnai bentuk bunga adalah Kelebihannya anak mewarnai lebih rapi dan terkonsep Kelemahan ada anak yang merebutkan alat untuk mewarnai karena menggunakan warna yang disukai anak Pada kegiatan akhir saya memotivasi anak dengan memperlibatkan hasil anak dalam mewarnai bentuk gambar bunga. Rencana kegiatan harian IV (RKH IV) Perencanaan Perencanaan pada RKH IV perbaikan sama dengan RKH V siklus I, yaitu : merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja. Pelaksanaan tindakan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a Fisik motorik kasar berlari mengambil daun Bercakap-cakap tentang konsep di luar, di dalam, di atas, di bawah dan sebagainya. Kegiatan inti + 30 menit Melanjutkan 2 urutan pola gambar dengan cara menempel Melipat bunga Menjiplak pola bunga Garu menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan Guru bertanya pada anak tentang benda-benda yang ditunjukan pada mereka Guru mendesmontrasikan dan menjelaskan cara menjiplak Anak aktif menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru. Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu Guru memberi penghargaan pada anak Istirahat + 30 menit Anak mencuci tangan Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan Anak membereskan perlengkapan makan Anak bermain bebas di halaman Kegiatan akhir + 30 menit Menirukan 3 urutan kata (sayur bayam enak, bunga mawar indah, pohon mangga tingi). Mengulas kegiatan sehari Kesan dan pesan Berdo’a, salam dan pulang. Observasi Pada kegiatan menjiplak pola kemmampuan anak terus meningkat dan anak antusias dalam melaksanakan tugas. Refleksi Pada pelaksanaan RKH IV kemampuan anak dalam menjiplak pola sudah meningkat karena : Anak semakin trampil dalam memegang pola dan pensil yang digunakan Anak tidak cepat putus asa dan bahkan karya yang dihasilkan bertambah banyak Rencana kegiatan harian V (RKH V) Perencanaan Perencanaan pada RKH V perbaikan sama dengan RKH V siklus I, yaitu : merumuskan tujuan, membuat rencana kegiatan harian, mengadakan diskusi, merencanakan perbaikan dan pengelolaan kelas, menyediakan alat dan bahan serta lembar kerja. Pelaksanaan tindakan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris, masuk, salam dan berdo’a Fisik motorik kasar menangkap kantong biji Bercerita tentang “ Pohon Mangga Tio” Kegiatan inti + 60 menit Mengambar tanaman Guru menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan Guru membaca buku cerita Guru bertanya pada anak tentang isi cerita dan tanaman yang dimiliki anak dirumah Guru memberi tugas anak untuk menutup mata dan membayangkan tanaman yang ada dirumah Guru memotivasi anak untuk menuangkan imajinasinya di kertas Guru memotivasi dan membimbing anak yang belum mampu Guru memberi penghargaan pada anak Mengukur panjang daun matoa dan daun mangga Menghubungkan gambar dengan lambang bilangan yang sesuai Istirahat + 30 menit Anak mencuci tangan Anak berdo’a sebelum dan sesudah makan Anak membereskan perlengkapan makan Anak bermain bebas di halaman Kegiatan akhir + 30 menit Menceritakan gambar yang dibuat sendiri Mengulas kegiatan sehari Kesan dan pesan Berdo;a, salam dan pulang Observasi Dari hasil kegiatan pembelajaran, maka kemampuan anak menggambar tanaman sesuai harapan guru. Refleksi Dari kegiatan yang telah dilaksanakan anak pada kegiatan menggambar tanaman yaitu anak merasa senang dan enjoy dalam melaksanakan hal tersebut karena : Guru memberikan kegiatan sesuai metode pembelajaran Rencana kegiatan harian sesuai tema dan indikator pada kurikulum TK yang sesuai dengan perkembangan anak. Metode yang saya gunakan sesuai dengan diri anak, sehingga dalam melaksanakan tugas anak merasa senang dan nyaman untuk menuangkan gagasan tentang tanaman Anak aktif mengikuti pembelajaran Saya dapat menyusun rencana kegiatan dan melaksanakan kegiatan sesuai yang diharapkan. Dengan mengadakan perbaikan siklus II, menganalisis hasil observasi dan penilaian anak, serta merefleksi diri, maka berdasarkan refleksi siklus I dan siklus II penulis membuat laporan perbaikan ini.   RENCANA KEGIATAN HARIAN I Satuan pendidikan : TK Pertiwi I Kelompok : A Semester : I Minggu : XI Tema : Tanaman Subtema : Bagian-Bagian Tanaman Hari, tanggal : Selasa, 18 Oktober 2011 Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator Lingkup Perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Fisik Motorik kasar Motorik halus Kesehatan fisik Kognitif Pengetahuan umum dan sains Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf Bahasa Menerima bahasa Mengungkapkan bahasa Keaksaraan Sosial emosional Tingkat pencapaian perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam Fisik Anak dapat menangkap sesuatu secara tepat Anak dapat membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri, garing kanan dan lingkaran. Anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit Kognitif Anak dapat mengklarifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna, atau ukuran Bahasa Anak dapat menjawab pertanyaan sederhana Anak dapat mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek dan sebagainya). Indikator Nilai-nilai agama dan moral Nilai-nilai agama dan moral 6 Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan Nilai-nilai agama dan moral 20 Mengucapkan salam Nilai-nilai agama dan moral 21 Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah Fisik Motorik kasar 9 Menangkap benda dengan satu tangan/ dua tangan Motorik halus 19 Membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran Motorik halus 30 Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar Kognitif Konsep bentuk, warna, ukuran, dan pola 21 Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak, misal : menurut warna, bentuk, ukuran, jenis dan lain-lain. Bahasa Mengungkapkan bahasa 8 Menjawab pertanyaan tentang keterangan/ informasi secara sederhana Mengungkapkan bahasa 11 Menyanyikan beberapa lagu anak-anak Langkah-langkah kegiatan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris Salah satu anak maju memimpin baris Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib Anak membaca do’a masuk kelas Salam Guru memberi salam kepada anak Anak menjawab salam Berdo’a Anak dan guru berdo’a bersama-sama Fisik 9 Anak menangkap buah dengan menggunakan 2 tangan Guru mendemonstrasikan cara menangkap buah Anak aktif memperhatikan contoh dari guru Anak melaksanakan tugas dengan cara bergantian. Bahasa 8 Guru dan anak bercakap-cakap tentang bagian-bagian tanaman Guru menempel gambar di depan Guru memberikan informasi tentang bagian-bagian tanaman Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan keterangan dari guru Guru bertanya kepada anak tentang bagian-bagian tanaman Anak aktif menjawab pertanyaan guru Kegiatan inti + 60 menit Kognitif 20 Anak mengelompokkan bunga berdasarkan warna Anak aktif memperhatikan bunga yang beraneka warna Anak menyebutkan warna bunga Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Anak aktif melaksanakan tugas Fisik 30 Anak mewarnai bentuk-bentuk geometri Guru bertanya tentang bentuk-bentuk geometri pada anak Guru mengenalkan macam-macam warna dengan menggunakan kartu warna pada anak Guru meminta anak untuk menyebutkan warna-warna yang ada di dalam kelas Guru menjelaskan tentang cara mewarnai Anak aktif menjawab, memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Anak menerima lembar tugas Anak aktif melaksanakan tugas Fisik 19 Anak membuat/ menulis garis lengkung C C C C Guru mendemonstrasikan cara membuat garis lengkung Anak aktif memperhatikan contoh dan penjelasan guru Anak menerima lembar tugas Anak aktif melaksanakan tugas Istirahat + 30 menit Cuci tangan Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru Anak membaca do’a sebelum makan Anak makan bekal Anak membaca do’a sesudah makan Anak bermain bebas di halaman Kegiatan akhir + 30 menit Bahasa 11 Anak menyanyi lagu “Bagian-Bagian Pohon” Guru mendemonstrasikan lagu “bagian-bagian pohon” Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan lagu tersebut Anak aktif menirukan lagu tersebut Mengulas kegiatan sehari Berdo’a Salam Pulang Penilaian Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik Hasil ana kata-rata baik Anak belum bisa mengerjakan tugas Jepara, 18 oktober 2011 Mengetahui Kepala TK Pertiwi I RENCANA KEGIATAN HARIAN II Satuan pendidikan : TK Pertiwi I Kelompok : A Semester : I Minggu : XI Tema : Tanaman Subtema : Bagian-Bagian Tanaman Hari, tanggal : Rabu, 19 Oktober 2011 Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator Lingkup Perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Fisik Motorik kasar Motorik halus Kesehatan fisik Kognitif Pengetahuan umum dan sains Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf Bahasa Menerima bahasa Mengungkapkan bahasa Keaksaraan Sosial emosional Tingkat pencapaian perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam Anak dapat mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya Fisik Anak dapat menangkap sesuatu secara tepat Anak dapat membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri, garing kanan dan lingkaran. Kogntif Anak dapat mengenal konsep bilangan Bahasa Anak dapat mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek dan sebagainya) Anak dapat meniru huruf Indikator Nilai-nilai agama dan moral Nilai-nilai agama dan moral 6 Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan Nilai-nilai agama dan moral 20 Mengucapkan salam Nilai-nilai agama dan moral 21 Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah Fisik Motorik kasar 14 Berlari dengan berbagai variasi (menyamping, ke depan dan ke belakang) Motorik halus 20 Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segi empat Kognitif Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf 31 Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5) Bahasa Mengungkapkan bahasa 10 Menyanyikan lagu secara lengkap Keaksaraan 26 Menuliskan huruf-huruf abjad Langkah-langkah kegiatan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris Salah satu anak maju memimpin baris Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib Anak membaca do’a masuk kelas Salam Guru memberi salam kepada anak Anak menjawab salam Berdo’a Anak dan guru berdo’a bersama-sama Fisik 14 Anak melakukan lomba lari mengambil bunga di keranjang Guru mendemonstrasikan lari dan mengambil bunga di kranjang Anak aktif memperhatikan contoh dari guru Anak aktif melaksanakan tugas Nilai-nilai agama dan moral 4 Guru dan anak bercakap-cakap tentang tanaman yang dimakan manusia Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan informasi dari guru Anak aktif menyebutkan tanaman yang dimakan manusia Kegiatan inti + 60 menit Kognitif 31 Anak membilang gambar bunga dan menuliskan angka dibawahnya Guru menempelkan gambar gambar di depan Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Anak menerima lembar tugas Anak aktif melaksanakan tugas Fisik 20 Anak menggambar bunga dari bentuk lingkaran Guru menempel gambar yang sudah jadi di depan Guru mendemonstrasikan dan menjelaskan cara menggambar Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Anak menerima lembar tugas Anak aktif melaksanakan tugas Istirahat + 30 menit Cuci tangan Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru Anak membaca do’a sebelum makan Anak makan bekal Anak membaca do’a sesudah makan Anak bermain bebas di halaman Kegiatan akhir + 30 menit Bahasa 10 Anak menyanyikan lagu “Macam-Macam Bunga” Anak aktif menyanyi lagu bersama-sama Anak aktif menyanyi lagu berkelompok Anak aktif menyanyi lagu perorangan. Mengulas kegiatan sehari Berdo’a Salam Pulang Penilaian Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik Hasil anak rata-rata baik Anak belum bisa mengerjakan tugas Jepara, 19 Oktober 2011 Mengetahui Kepala TK Pertiwi I Sri Ningsih Mahasiswa Fitriyah NIM 822206695   RENCANA KEGIATAN HARIAN III Satuan pendidikan : TK Pertiwi I Kelompok : A Semester : I Minggu : XI Tema : Tanaman Subtema : Bagian-Bagian Tanaman Hari, tanggal : Kamis, 20 Oktober 2011 Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator Lingkup Perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Fisik Motorik kasar Motorik halus Kesehatan fisik Kognitif Pengetahuan umum dan sains Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf Bahasa Menerima bahasa Mengungkapkan bahasa Keaksaraan Sosial emosional Tingkat pencapaian perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam Fisik Anak dapat menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang dan sebagainya. Anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit Anak dapat mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media Kognitif Anak dapat mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram dan sebagainya) Anak dapat mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama, sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan dua variasi Bahasa Anak dapat menyebutkan kata-kata yang dikenal Indikator Nilai-nilai agama dan moral Nilai-nilai agama dan moral 20 Mengucapkan salam Nilai-nilai agama dan moral 21 Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah Fisik Motorik kasar Senam fantasi meniru (misal: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman yang terkena angin sepoi-sepoi, angin kencang dan kencang sekali) dengan lincah Motorik halus 29 Mewarnai bentuk gambar sederhana Motorik halus 44 Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat Kognitif Pengetahuan umum dan sains 11 Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian dan lain-lain. Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola 25 Menunjuk dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit. Bahasa Mengungkapkan bahasa 16 Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam) Langkah-langkah kegiatan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris Salah satu anak maju memimpin baris Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib Anak membaca do’a masuk kelas Salam Guru memberi salam kepada anak Anak menjawab salam Berdo’a Anak dan guru berdo’a bersama-sama Fisik 1 Anak menirukan gerakan orang menebang pohon Guru mendemonstrasikan cara menebang pohon Anak aktif memperhatikan contoh dari guru Anak aktif melaksanakan tugas Bahasa 6 Anak menyebutkan waktu bila menyiram tanaman (pagi, siang, sore) Guru bertanya kapada anak tentang kegiatan di rumah Anak aktif memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru Guru menanyakan kapan anak menyiram tanaman Anak aktif menjawab pertanyaan guru. Kegiatan inti + 60 menit Kognitif 25 Anak membedakan kumpulan gambar yang tidak sama jumlahnya dengan cara diwarnai Guru menempel gambar di depan Guru mengajak anak untuk menghitung jumlah gambar Guru bertanya tentang jumlah gambar kepada anak Anak aktif menjawab pertanyaan guru Guru menjelaskan tentang jumlah gambar yang sama dan tidak sama Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Anak menerima lembar tugas Anak aktif melaksanakan tugas Fisik 29 Anak mewarnai gambar bunga Guru menempel gambar yang sudah jadi di depan Guru menjelaskan cara mewarnai yang benar Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru Anak menerima lembar tugas Anak aktif melaksanakan tugas Kognitif 11 Anak mengisi 2 botol dengan biji kacang hijau lalu dibedakan banyaknya biji kacang hijau di dalam botol Guru bertanya tentang nama-nama benda yang ditunjukkan pada anak. Anak aktif memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru. Anak menerima tugas untuk memasukkan biji kacang hijau ke dalam botol. Anak aktif melaksanakan tugas. Istirahat Cuci tangan Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru. Anak membaca do’a sebelum makan. Anak makan bekal. Anak membaca do’a sesudah makan. Anak bermain bebas di halaman. Kegiatan Akhir ± 30 menit Fisik 44 Anak membuat bunyi-bunyian dengan botol bekas, piring dan potongan bambu. Guru mendemonstrasikan memukul bermacam-macam benda. Anak aktif memperhatikan contoh dari guru. Anak aktif melaksanakan tugas secara perorangan dan kelompok. Mengulas kegiatan sehari. Berdo’a. Salam. Pulang. Penilaian Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik. Hasil anak rata-rata baik. Anak belum bisa mengerjakan tugas Jepara, 20 Oktober 2011 Mengetahui Kepala TK Pertiwi I Sri Ningsih Mahasiswa Fitriyah NIM 822206695   RENCANA KEGIATAN HARIAN IV Satuan pendidikan : TK Pertiwi I Kelompok : A Semester : I Minggu : XI Tema : Tanaman Subtema : Bagian-Bagian Tanaman Hari, tanggal : Jum’at, 21 Oktober 2011 Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator Lingkup Perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Fisik Motorik kasar Motorik halus Kesehatan fisik Kognitif Pengetahuan umum dan sains Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf Bahasa Menerima bahasa Mengungkapkan bahasa Keaksaraan Sosial emosional Tingkat pencapaian perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Anak dapat mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam Fisik Anak dapat menendang sesuatu secara terarah. Anak dapat menjiplak bentuk. Anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit. Kognitif Anak dapat mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram dan sebagainya) Anak dapat mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC. Bahasa Anak dapat mengerti 2 perintah yang diberikan bersamaan. Indikator Nilai-nilai agama dan moral Nilai-nilai agama dan moral 6 Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan Nilai-nilai agama dan moral 20 Mengucapkan salam Nilai-nilai agama dan moral 21 Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah Fisik Motorik kasar 14 Berlari dengan berbagai variasi. Motorik halus 2 Menjiplak dan meniru garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran. Motorik halus 23 Meniru melipat kertas sederhana (1-4 lipatan) Kognitif Pengetahuan umum dan sains 8 Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah, atas-bawah, luar-dalam, pertama-terakhir, keluar-masuk, naik-turun, maju-mundur. Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola 27 Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk dua pola yang berurutan, misal : merah-putih, merah-putih, merah-putih-biru, merah-putih-biru…… Bahasa Mengungkapkan bahasa 2 Menirukan kembali 3-4 urutan kata. Langkah-langkah kegiatan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris Salah satu anak maju memimpin berbaris. Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib. Anak membaca do’a masuk kelas. Salam Guru memberi salam kepada anak Anak menjawab salam Berdo’a Anak dan guru berdo’a bersama-sama Fisik I4 Anak berlari mengambil daun Guru mendemonstrasikan lari dan mengambil daun Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru Anak aktif melaksanakan tugas Bahasa 8 Guru dan anak bercakap-cakap tentang konsep di luar, di dalam, di atas, di bawah dan sebagainya : Guru bertanya kapada anak arti di luar, di dalam, di atas, di bawah Anak aktif menjawab pertanyaan guru Guru bertanya tentang tanaman yang buahnya di bawah dan di atas pohon, di luar dan di dalam tanah. Anak aktif menjawab dan menyebutkan nama tanaman tersebut. Kegiatan inti + 60 menit Kognitif 27 Anak melanjutkan 2 urutan pola gambar dengan cara menempel. Guru menempel gambar di depan Guru menjelaskan dan memberi contoh cara melanjutkan 2 urutan pola. Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru. Anak menerima lembar tugas. Anak aktif melaksanakan tugas Fisik 31 Anak melipat bunga Guru menjelaskan dan memberi contoh melipat. Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru. Anak menerima kertas lipat. Anak aktif melaksanakan tugas. Fisik 2 Anak menjiplak pola bunga Guru menjelaskan dan memberi contoh cara menjiplak pola. Anak aktif memperhatikan dan menjawab penjelasan guru. Anak menerima lembar tugas. Anak aktif melaksanakan tugas. Istirahat Cuci tangan Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru. Anak membaca do’a sebelum makan. Anak makan bekal. Anak membaca do’a sesudah makan. Anak bermain bebas di halaman. Kegiatan Akhir ± 30 menit Bahasa 2 Anak menirukan 3 urutan kata (sayur bayam enak, bunga mawar indah, pohon mangga tinggi, dan seterusnya). Guru mendemonstrasikan urutan kata. Anak aktif memperhatikan dan menirukan bersama-sama. Anak aktif menirukan urutan kata dengan bergantian. Mengulas kegiatan sehari. Berdo’a. Salam. Pulang. Penilaian Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik. Hasil anak rata-rata baik. Anak belum bisa mengerjakan tugas Jepara, 21 Oktober 2011 Mengetahui Kepala TK Pertiwi I Sri Ningsih Mahasiswa Fitriyah NIM 822206695   RENCANA KEGIATAN HARIAN V Satuan pendidikan : TK Pertiwi I Kelompok : A Semester : I Minggu : XI Tema : Tanaman Subtema : Bagian-Bagian Tanaman Hari, tanggal : Sabtu, 22 Oktober 2011 Waktu : 07.30 WIB – 10.00 WIB Lingkup Perkembangan, Tingkat pencapaian perkembangan, indikator Lingkup Perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Fisik Motorik kasar Motorik halus Kesehatan fisik Kognitif Pengetahuan umum dan sains Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf Bahasa Menerima bahasa Mengungkapkan bahasa Keaksaraan Sosial emosional Tingkat pencapaian perkembangan Nilai-nilai agama dan moral Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Anak dapat mengucapkan salam dan membalas salam Fisik Anak dapat menangkap sesuatu secara tepat. Anak dapat mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media. Kognitif Anak dapat mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram dan sebagainya) Anak dapat mengenal konsep bilangan Bahasa Anak dapat memahami cerita yang dibacakan. Anak dapat mengutarakan pendapat dengan orang lain. Indikator Nilai-nilai agama dan moral Nilai-nilai agama dan moral 6 Berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan Nilai-nilai agama dan moral 20 Mengucapkan salam Nilai-nilai agama dan moral 21 Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah Fisik Motorik kasar 10 Menangkap benda dengan berbagai variasi. Motorik halus 36 Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dan lain-lain). Kognitif Pengetahuan umum dan sains 9 Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat melalui mengukur dengan satuan tidak baku (langkah, jengkal, benang atau tali). Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf 32 Menghubungkan/memasang lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5 (anak tidak disuruh menulis). Bahasa Menerima bahasa 4 Mendengarkan cerita yang dibacakan. Mengungkapkan bahasa 17 Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri. Langkah-langkah kegiatan Kegiatan awal + 30 menit Berbaris Salah satu anak maju memimpin berbaris. Anak berbaris di halaman dengan rapi dan tertib. Anak membaca do’a masuk kelas. Salam Guru memberi salam kepada anak Anak menjawab salam Berdo’a Anak dan guru berdo’a bersama-sama Fisik 11 Anak menangkap kantong biji Guru memberikan contoh menangkap kantong biji. Anak aktif memperhatikan contoh dari guru. Anak aktif melaksanakan tugas Bahasa 4 Anak mendengarkan cerita tentang “Pohon Mangga Tio” Guru membacakan buku cerita. Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan cerita. Guru bertanya kepada anak tentang isi cerita. Anak aktif menjawab pertanyaan guru. Kegiatan inti + 60 menit Fisik 36 Anak menggambar tanaman Guru membaca cerita untuk anak. Anak aktif memperhatikan dan mendengarkan cerita guru. Anak diberi kebebasan untuk menggambar tanaman yang ada di rumah. Anak menerima lembar tugas. Anak aktif melaksanakan tugas. Kognitif 9 Anak mengukur panjang daun matoa dan daun mangga. Guru mendemonstrasikan cara mengukur dengan jengkal. Anak aktif memperhatikan contoh dari guru. Anak aktif melaksanakan tugas. Kognitif 32 Anak menghubungkan gambar dengan lambang bilangan yang sesuai Guru menempel gambar di depan. Guru mengajak anak menghitung gambar dan menanyakan lambang bilangan. Anak aktif memperhatikan, menghitung gambar, menjawab pertanyaan dan mendengarkan penjelasan guru. Anak menerima lembar tugas. Anak aktif melaksanakan tugas. Istirahat + 30 Menit Cuci tangan Anak mencuci tangan sendiri dengan pengawasan guru. Anak membaca do’a sebelum makan. Anak makan bekal. Anak membaca do’a sesudah makan. Anak bermain bebas di halaman. Kegiatan Akhir ± 30 menit Bahasa 17 Anak menceritakan gambar yang dibuat sendiri. Guru bertanya pada anak tentang gambar yang telah dibuat. Anak aktif menjawab pertanyaan guru. Guru memberi tugas anak untuk menceritakan gambar yang dibuat Anak aktif melaksanakan tugas. Mengulas kegiatan sehari. Berdo’a. Salam. Pulang. Penilaian Anak mengerjakan tugas berhasil dengan baik. Hasil anak rata-rata baik. Anak belum bisa mengerjakan tugas. Jepara, 22 Oktober 2011 Mengetahui Kepala TK Pertiwi I Sri Ningsih Mahasiswa

1 komentar:

  1. http://qizz234.blogspot.com/ tempatnya PKP dan PTK Sekolah Dasar

    BalasHapus