Sabtu, 29 September 2012

contoh proposal sarana prasarana bab 3 program pelatihan

BAB III
PROGRAM PELATIHAN

A.    Laporan Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan tahun 2011
B.     Rencana Pengembangan Program Pelatihan
Jalur Kewirausahaan

Strategi program Pembelajaran dilakukan sebagai berikut:
-     Penelusuran minat, bakat, dan kemampuan dasar
-     Metode pembelajaran:
*  Teori diikuti dengan praktik,
*  Teori dan praktik dilakukan bersamaan (learning by doing),
*  Teori, praktik diikuti dengan magang,
*  Evaluasi hasil belajar,
*  Penempatan kerja/pendampingan usaha.

1.      Strategi Pembelajaran
Proses pembelajaran dilakukan secara kelompok dengan mengacu pada program ketrampilan Teknisi Komputer, dengan materi pembelajaran 25% teori dan 75% praktek sesuai dengan waktu yang telah disusun pada materi pembelajaran. Untuk meningkatkan mutu hasil pembelajaran maka pembelajaran dilakukan di Lembaga Kursus dan Ketrampilan ”HARVARD COURSE” selama 4 bulan.
2.      Proses Evaluasi
Melaksanakan evaluasi untuk masing-masing program untuk kegiatan pembelajaran (kursus) dilaksanakan pada saat pembelajaran akhir melalui :
-          Pengamatan
-          Test
-          Melasanakan evaluasi perkembangan usaha 1 bulan sekali yang dibahas melalui rapat pengurus untuk dicapai pemecahannya.
3.      Out put
Semua peserta didik diharapkan dapat menerapkan hasil pembelajaran yang sudah didapatkan di lembaga penyelenggara dan mitra kerja untuk bekal dalam melanjutkan ketrampilan yang telah dimiliki.
4.      Out come
Dengan adanya program ini diharapkan dapat menumbuhkan bakat dan ketrampilan peserta didik untuk bersaing di Dunia Usaha serta usaha mandiri.
5.      Kurikulum dan bahan ajar program , meliputi:
1) Kompetensi personal:
a. Berperilaku sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan budaya nasional;
b. Beriman & bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,bersikap adil, dan jujur;
c. Berkepribadian terpuji;
d.             Memiliki etos kerja, tanggung jawab, dan percaya diri.
2) Kompetensi sosial:
a. Bersikap terbuka, obyektif, dan tidak diskriminatif;
b. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan teman sejawat, pendidik/instruktur, dan masyarakat sekitar;
c. Beradaptasi dengan kondisi sosial di lingkungan sekitar.
3) Kompetensi akademik:
a.  Kemampuan beranalisis sederhana, berfikir dengan logika, kemampuan pengetahuan dasar, kemampuan mengambil keputusan;
b. Menggali ide-ide, kemauan untuk mencoba, melakukan uji coba dibidangnya secara ilmiah.

4) Kompetensi profesional/vocational; kemampuan di bidang vokasi tertentu dan memiliki keterampilan mata pencaharian yang mencakup: pemilihan bahan dan alat, pelayanan jasa dan produksi, pemasaran, manajemen usaha, dan pengelolaan keuangan.
Waktu yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan program  Pembelajaran kursus dan pelatihan minimal 200 jam pelajaran, dengan asumsi setiap pertemuan selama 4 jam pembelajaran/hari, @60 menit/jam pelajaran, 5 hari per minggu selama 10 minggu.
Kurikulum yang digunakan sebagai dasar acuan pemberian materi pelatihan mengacu pada kurikulum Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang dipadukan dengan kurikulum Muatan Lokal.
Kurikulum muatan lokal ini didisain dengan mengacu pada konsep keterkaitan dan keselarasan dengan kebutuhan kerja dan karakteristik dunia usaha/ industri (DUDI) di Jepara.
Adapun Kurikulum Kursus Teknisi dan Jaringan LAN Komputer terlampir.
6.      Bahan Ajar
Bahan ajar yang akan diajarkan sesuai dengan kurikulum yang telah dibuat. Adapun bahan ajar terdiri dari Buku modul Pelatihan Teknisi dan Jaringan LAN Komputer serta Buku Penunjang Pelatihan Teknisi dan Jaringan LAN komputer untuk menunjang kegiatan Praktek Pelatihan.
7                 Evaluasi dan Sertifikasi
Evaluasi akan dilaksanakan setelah proses pembelajaran baik secara teori maupun praktek selesai dilaksanakan. Uji Kompetensi dilakukan setelah siswa telah menyelesaikan kursus selama periode yang telah ditentukan. Standar nilai yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan siswa menyerap teori maupun praktek pada saat ujian. Sedangkan uji kompetensi akan dilaksanakan oleh lembaga yang telah bekerja sama dengan LPK HARVARD COURSE sebelumnya.
8                 Penempatan Kerja
Peserta didik yang sudah lulus uji kompetensi (memiliki sertifikat kompetensi) disalurkan ke unit-unit produksi yang ada sesuai dengan keterampilan yang diajarkan atau dibimbing sebagai wirausaha dengan keterampilan yang diajarkan untuk produksi atau jasa yang sesuai kebutuhan pasar atau potensi daerah setempat.
Dalam proses kegiatan Kursus  Bidang Teknisi dan Jaringan LAN Komputer ini LPK HARVARD COURSE telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dengan melakukan akad kerjasama dengan mengacu pada pasal-pasal yang telah disepakati bersama. Adapun akad kerjasama terlampir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar