Sabtu, 29 September 2012

contoh proposal sarana prasarana bab 1 pendahuluan

BAB I
PENDAHULUAN

A.          LATAR BELAKANG
Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Jepara, sekarang ini permasalahan yang timbul mengenai pendidikan, pengangguran, kemiskinan cukuplah beraneka ragam. Seperti saat ini Permasalahan Pendidikan sangatlah berpengaruh bagi kehidupan Manusia khususnya di Kabupaten Jepara akibat dari besarnya biaya pendidikan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu Lembaga Pendidikan dan Keterampilan ”HARVARD COURSE” siap membantu Pemerintah dalam upaya menyelenggarakan Program Dukungan Lembaga Kursus dan Pelatihan. Permasalahan Kehidupan Masyarakat Kabupaten Jepara yang masih berada di kalangan bawah masihlah banyak dari tingkat pendidikan, pengangguran dan kemiskinan, untuk itu perlu usaha yang keras oleh berbagai pihak lain, maka dengan adanya program peningkatan sarana dan prasarana dalam Lembaga Kursus dan Pelatihan ini sangatlah tepat bagi kami untuk membantu tercapainya program.
Mengingat dewasa ini komputer sudah dianggap sebagai barang kebutuhan pokok sebagian masyarakat. Seiring dengan semakin intensifnya upaya pemerintah dalam mengenalkan teknologi informasi dan komputer pada masyarakat di masa-masa mendatang, menjadikan komputer merupakan produk yang akan terus berkembang dan diminati. Peningkatan kebutuhan produk komputer di masyarakat membawa peluang bagi terciptanya lapangan kerja baru di bidang komputer. Salah satu kualifikasi tenaga kerja kompetensi yang dibutuhkan dalam bidang komputer tersebut adalah Teknisi dan Jaringan LAN komputer.
Di pasar kerja, tenaga Teknisi dan Jaringan LAN komputer sangat dibutuhkan terutama di perusahaan IT sebagai staf MIS, staf Teknisi dan Jaringan LAN, usaha servis komputer maupun wirausaha mandiri dan WARNET .Dengan semakin banyaknya Dunia Usaha / Dunia Industri (DUDI) di Kabupaten Jepara yang sudah menggunakan teknologi terutama komputer merupakan potensi bagi tersedianya kebutuhan tenaga kerja yang berkompeten terutama bidang Teknisi dan Jaringan LAN komputer.
Dengan terbatasnya jumlah tenaga kerja Teknisi dan Jaringan LAN komputer di Jepara, maka diperlukan upaya penyiapan tenaga kerja Teknisi dan Jaringan LAN komputer dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan komputer di bidang Teknisi dan Jaringan LAN komputer yang bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang mempunyai kompetensi kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha / industri (DUDI) di Jepara.
Menyadari hal tersebut dan dalam rangka ikut berpartisipasi dalam upaya mengurangi pengangguran dan upaya penyiapan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan jabatan di pasar kerja terutama Teknisi dan Jaringan LAN komputer di kabupaten Jepara, LPK HARVARD COURSE bermaksud untuk mengadakan kegiatan Kursus Ketrampilan Kerja di bidang Teknisi dan Jaringan LAN komputer disertai troubleshooting, dengan menambah kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pada Lembaga LPK HARVARD COURSE kami ini, diharapkan kami dapat meningkatkan mutu, kualitas dan kuantitas peserta didik.

B.           MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan Tujuan Pengembangan Sarana dan Prasarana dari Program  ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana peralatan pelatihan keterampilan, pengetahuan dan fasilitas untuk meningkatkan mutu dan sikap peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga memiliki bekal kemampuan untuk bekerja dan/atau berusaha mandiri dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya dan berpartisipasi dalam pengentasan pengangguran dan kemiskinan.
Dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana berarti memberikan kesempatan bagi masyarakat dengan prioritas usia 18 s.d. 45 tahun untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap mental sesuai dengan kebutuhan mereka untuk bekerja atau berwirausaha dan meningkatkan kualitas hidupnya. Memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengikuti program kursus berbasis kompetensi, serta fasilitasi penempatan kerja pada dunia usaha/dunia industri (DUDI) dan/atau berusaha mandiri.
1.      Maksud Dan Tujuan Umum
Maksud dan Tujuan Umum Peningkatan Sarana dan Prasarana oleh Penyelenggara Pendidikan Keterampilan Lembaga Kami adalah untuk membantu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan peserta didik di bidang tertentu sesuai dengan bakat dan minatnya, sehingga mampu bekerja/mandiri untuk mendapatkan penghasilan yang layak guna memenuhi kebutuhan hidupnya dengan ketentuan sebagai berikut :
1.      Memberikan ketrampilan hidup untuk dapat bekerja mandiri maupun bekerja di perusahaan swasta.
2.      Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai pihak dalam memperkuat pendidikan berbasis luas pada pelaksanaan program ketrampilan hidup.
3.      Mendukung penciptaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak mampu melanjutkan sekolah dan masyarakat miskin yang belum mempunyai pekerjaan tetap.
Dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari sarana dan prasarana terutama kelengkapan peralatan keterampilan akan membantu para siswa lebih menguasai pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan.

2.      Maksud Dan Tujuan Khusus
Tujuan khusus yang diharapkan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana terutama dalam peningkatan peralatan keterampilan bagi siswa adalah untuk dapat mengikuti kegiatan Kursus Pendidikan Ketrampilan Bidang Teknisi dan Jaringan LAN Komputer disertai Troubleshooting ini lebih berkualitas dan bermutu siap kerja dalam dunia industri dan wirausaha sehingga diharapkan dapat:
1.      Membekali peserta pelatihan dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang Teknisi dan Jaringan LAN computer disertai Troubleshooting dengan sarana dan prasarana yang bermutu dan berkualitas.
2.      Menyediakan tenaga kerja yang terampil dan kompeten di bidang Teknisi dan Jaringan LAN Komputer disertai Troubleshooting dengan sarana dan prasarana yang bermutu dan berkualitas, sehingga menjadi tenaga kerja siap bersaing di pasar kerja.
3.       Memberi peluang untuk dapat berwirausaha di bidang service komputer, Teknisi Jaringan Komputer dan WARNET dan lain-lain yang bersangkutan dengan perakitan, perawatan, perbaikan komputer serta jaringan komputer dan segala trouble shootingnya.
4.      Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah serta mampu mengembangkan dirinya untuk meraih masa depan yang lebih baik sesuai dengan cita-citanya.
5.      Memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya pendidikan untuk dirinya sendiri dan untuk keluarga serta Masyarakat sekitar.
6.      Memiliki motivasi dan etos kerja serta dapat menghasilkan kemampuan kerja untuk bersaing di Dunia Usaha.

C.          SASARAN
Sasaran dari peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pada program pelatihan ini adalah warga masyarakat yang mengikuti kursus atau pelatihan di bidang keterampilan teknisi computer dan troubleshooting sesuai minat dan bakatnya. Kriteria peserta adalah:
·         Penduduk usia kerja prioritas usia 18-45 tahun, bukan peserta didik regular pada lembaga kursus penyelenggara .
·         Warga masyarakat yang menganggur, tidak mampu, putus sekolah atau lulus tidak melanjutkan (tidak sedang menempuh pembelajaran di sekolah atau program pendidikan kesetaraan).
·         Diprioritaskan peserta didik yang berdomisili di sekitar lokasi kegiatan.
·         Memiliki kemauan untuk belajar dan bekerja/berusaha mandiri, dibuktikan dengan Surat Pernyataan Kesanggupan untuk mengikuti program sampai selesai.
·         Memiliki minat dan motivasi untuk bekerja dan/atau berwirausaha setelah mengikuti Program .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar